Cara Berkembangbiak Hydra

Hydra adalah mahluk hidup yang sangat menarik, umumnya hydra melakukan reproduksi secara aseksual dengan cara mengembangkan tunas dari tubuh utamanya yang akhirnya tunas tersebut dapat melepaskan diri dari hydra induknya untuk membentuk individu yang baru, namun ia juga dapat bereproduksi secara seksual.
Cara Berkembangbiak Hydra Ukuran maksimum panjang dari hewan ini hanya sekitar 30 mm. Mereka nyaris tak terlihat dengan mata telanjang dan lensa, mikroskop diperlukan untuk dapat melihat mereka dengan baik. Jika mereka merasa terganggu, tubuhnya akan berkontraksi sehingga terlihat menyerupai 'gumpalan' kecil. Mereka dapat ditemukan di kolam air tawar dan sungai yang bergerak lambat, di mana mereka biasanya menempel pada tanaman yang terendam atau batu.
Hydra yang melakukan reproduksi atau berkembang biak secara seksual terjadi di dalam lingkungan yang keras atau mereka tidak mendapatkan kelebihan makanan, berikut adalah langkah reprosuksi secara seksual dari hydra tersebut :
  • Langkah pertama dalam siklus reproduksi hydra adalah tunas, selama langkah ini Hydra menjadi siap untuk bereproduksi.
  • Langkah kedua dalam siklus ini adalah pelepasan sperma dari hydra jantan. sperma dilepaskan dari gonad jantan, yang merupakan organ seksual digunakan untuk perkembangbiakan sperma di hydra.
  • Langkah berikutnya dalam siklus ini adalah ketika sperma bertemu sel telur dalam gonad. sel telur juga dikenal sebagai ovarium dari hydra betina.
  • Langkah selanjutnya dari siklus ini adalah pelepasan sel telur, hydra betina akan melepaskan telur umumnya saat ia mulai mati.
  • Langkah terakhir dari proses ini adalah pengembangan embrio, pertama tumbuh calon hydra akan dikemas menjadi menjadi embrio, sebelum menjadi polip muda dan akhirnya sekali lagi menjadi hydra muda.
perkembangbiakan aseksual dari hydra terjadi umumnya di lingkungan dengan kelebihan makanan, berikut adalah proses reproduksi aseksual pada hydra :
  • Langkah pertama dari hydra reproduksi aseksual adalah dari kuncup, selama proses ini terdapat tanda-tanda pertama dari kuncup.
  • Langkah kedua adalah tenticles dan mulut hydra baru mulai berkembang.
  • Langkah berikutnya adalah proses awal pemisahan tunas dari hydra asli. Pada langkah ini hydra baru umumnya lebih kecil dari induknya.
  • ini adalah langkah terakhir dalam siklus hewan ini yang bereproduksi secara aseksual, selama langkah ini hydra baru terputus dari induknya, membuat hydra yang sama sekali baru, hydra baru ini umumnya 3/5 dari ukuran dari ukuran induknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel