Membuat Website Menjadi User Friendly

Kita semua mengetahui bahwa website adalah alat pemasaran yang diperlukan untuk bisnis modern, tetapi bisa saja kita kehilangan beberapa pelanggan karena situs Web yang tidak mudah digunakan karna tidak user friendly. Jika calon pelanggan merasa sulit untuk menavigasi situs Anda, mereka cenderung untuk berpaling ke pesaing anda. Website, harusnya seperti aplikasi yang user friendly dan jelas dalam tujuannya maka website tersebut akan berhasil. Berikut adalah beberapa tips untuk mewujudkannya.
UX adalah salah satu bagian yang penting bagi website, jika pengguna website anda merasa tidak nyaman dengan website anda maka mereka akan meninggalkan website anda. Berikut adalah beberapa tips agar website anda lebih diminati pembaca :

Mobile and tablet friendly ( responsive )

Saat ini banyak yang beralih dari PC ke tabled atau smartphone, namun tidak banyak website yang mau membuat website mereka lebih dinamis atau responsive. Padahal jika mereka membuat website yg mobile friendly maka mereka akan terus mendapatkan pengunjung dari perangkat apapun.

Pada tahun 2015 BBC menyadari bahwa sejumlah besar pengunjung mereka menggunakan perangkat mobile, tetapi situs web mereka tidak dirancang untuk platform ini, sehingga mereka merubahnya. Karena banyak orang tidak menggunakan desktop atau laptop lagi, dan bergantung pada perangkat yang lebih kecil. Jadi, desainer harus memastikan bahwa website menjadi lebih fleksibel dan tersedia di semua perangkat, untuk memastikan jumlah maksimum lalu lintas.

Penempatan Logo dan Informasi

Menempatkan logo dan informasi penting dalam di pojok kiri atas halaman website anda akan memberikan penjelasan maksimum kepada pelanggan anda diantaranya dalah merek dan jasa anda.

Mengapa hal ini terjadi ? seperti yang kita ketahui bahwa kita membaca dari kiri ke kanan, dan pasti bagian kiri atas adalah yang paling pertama dilihat. Walaupun bukan yang pertama dilihat, tapi bagian ini pasti dilihat. kita secara naluriah tertarik ke daerah itu saat menggunakan internet.

Menggunakan Font standar

Mudah di baca adalah salah satu keharusan untuk website, kebanyakan orang tidak perduli dengan font kaligrafi yang sulit untuk dibaca. tipografi bersih akan membuat perbedaan besar untuk pengalaman pengguna.

Pemilihan Skema Warna

Pemilihan skema warna adalah salah satu faktor pendukung penting bagi sebuah website, apalagi jika memilih skema warna yang sesuai dengan kepribadian bisnis Anda.

Contohnya adalah penggunaan skema warna hitam dan putih yang sangat jelas (mereka juga telah menempatkan logo mereka di kiri atas dan memiliki navigasi mereka di atas halaman). Pilihan warna ini jelas dan sederhana untuk website berita. Mereka sadar bahwa mereka tidak perlu desain yang rumit untuk menarik pengguna karena para pengguna lebih tertarik pada beritanya.

Namun, website lain mungkin perlu menggunakan skema warna yang berbeda untuk menarik pengguna.

Layout yang konsisten

Jika Anda telah memutuskan tema atau layout untuk website Anda, disarankan untuk tetap memakai skema yang sama pada setiap halaman atau setidaknya untuk kelompok halaman. Hal ini membuat pengguna anda lebih mudah untuk memahami dan menggunakan website anda. Sementara anda juga membuat bagian yang unik dalam desain anda agar dapat membuat bisnis anda berbeda dari yang lain. Konsistensi juga berguna ketika seseorang melihat situs web Anda melalui platform yang berbeda. Jika mereka pertama kali melihatnya pada komputer lalu pada ponsel, mereka akan mengharapkan desain yang sama, hanya sedikit disesuaikan agar sesuai dengan ukuran layar yang berbeda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel