Pengertian Amblyopia Serta Penyebab dan Pengobatannya

Mata adalah organ yang penting bagi manusia, oleh karena itu kesehatan organ ini harus di rawat sejak masih kecil. Namun, ada beberapa gangguan yang dapat menyerang mata anak-anak. Salah satunya adalah amblyopia yang akan di jelaskan berikut ini.

Pengertian Amblyopia

Amblyopia adalah suatu kondisi yang terjadi pada anak-anak ketika satu matanya lebih lemah daripada yang lain. Jika amblyopia tidak diobati, pengelihatan tidak akan berkembang dengan benar. otak anak akan mulai "mengabaikan" gambar yang berasal dari mata yang buruk. Hal ini menyebabkan penglihatan pada mata yang terkena menjadi lebih buruk saat anak menjadi remaja. Karena amblyopia dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan permanen dalam pada mata yang terkena, pasien amblyopia harus diuji secara teratur oleh dokter mata.

Penyebab Amblyopia

Amblyopia biasanya dimulai ketika satu mata memiliki fokus jauh lebih baik daripada mata lainnya. Misalnya, satu mata mungkin sangat rabun jauh atau memiliki banyak Silindris, sementara yang lainnya tidak. Ketika otak anak dihadapkan dengan kedua gambar buram dan gambar yang jelas, ia akan mulai mengabaikan gambar buram. Jika hal ini berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, kemampuan mata yang melihat gambar buram akan mulai memburuk. Hal lain yang mungkin adalah otak mengabaikan mata yang kurang berfungsi. Inilah sebabnya mengapa amblyopia kadang-kadang disebut "lazy eye" atau mata malas.

Bentuk lain dari mata malas disebut strabismus. Strabismus atau misalignment mata mencegah kedua mata untuk fokus pada gambar secara bersamaan. Hal ini dapat menyebabkan penglihatan ganda. Untuk mengatasi hal ini, otak anak umumnya memilih untuk mengabaikan gambar dari mata menyimpang, menyebabkan mata tersebut yang akhirnya memburuk.

Diagnosa Amblyopia

dokter anak Anda biasanya akan memeriksa tiga aspek kesehatan mata anak Anda yaitu:
  • mata anak Anda membiarkan cahaya masuk ke mata
  • kedua mata melihat sama baiknya
  • mata bergerak secara normal

Pengobatan Amblyopia

Pengobatan yang paling umum untuk amblyopia adalah memaksa otak untuk mulai menggunakan mata yang "lemah". Pada awalnya, anak akan sulit melihat hanya dengan mata lemah. Namun, sangat penting bahwa anak Anda harus rajin melihat dengan hanya mata tersebut karena ini pada akhirnya akan memperbaiki penglihatan. Cara ini dapat dilakukan selama mingguan, bulanan, atau bahkan setahun untuk memperbaiki penglihatan.

Jika anak terus menggunakan mata yang terkena amblyopia saja, pengelihatannya akan terus meningkat. Setelah dokter menentukan bahwa pengelihatan kembali normal, anak Anda tidak harus melakukan itu lagi. Dalam kasus amblyopia ringan, dokter mungkin menyarankan menggunakan tetes mata yang disebut atropin di mata "baik".

Jika ada sesuatu yang menghalangi cahaya masuk ke mata, dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk mengangkat sumbatan tersebut. Jika strabismus mencegah mata bergerak bersama-sama dengan benar, dokter mungkin merekomendasikan operasi pada otot mata. Dan jika fokus satu mata sangat berbeda dari yang lain, kacamata atau lensa kontak mungkin diperlukan.

Amblyopia menjadi jauh lebih sulit untuk di obati setelah sekitar 6 tahun atau jika ada terlalu banyak kehilangan penglihatan di mata akibat amblyopia.

Penting bagi Anda mengikuti saran dokter tentang pengobatannya. Ini bisa sangat sulit karena banyak anak-anak tidak ingin memakai penutup mata setiap hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel