Alat Ukur Panjang dan Macamnya

Panjang adalah salah satu besaran pokok, dimana setiap besaran pokok memiliki alat ukur sendiri. Salah satu satuan dalam panjang adalah meter. Pada artikel ini kami akan memaparkan alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang.
contoh alat ukur panjang

Pengertian alat ukur panjang

Alat ukur panjang  adalah instrument (alat) yang di gunakan untuk menghitung besaran panjang, dan biasanya dalam satuan meter dan cm. Contoh alat ukur waktu adalah Mistar / penggaris dan jangka sorong.
Untuk mengukur panjang kita sangat memerluakn alat ukur, salah satunya penggaris. Di sekolah kita sangat sering sekali menggunakan penggaris dimana fungsinya adalah untuk membuat garis lurus dan menyamakan ukuran atau menghitung panjang tiap garis yang kita buat.

Macam – macam alat ukur panjang

Seperti yang telah di sebutkan bahwa untuk mengukur panjang kita memerlukan alat ukur, berikut adalah alat ukur yang dapat kita gunakan :

Mistar / Penggaris

Mistar atau penggaris adalah alat ukur panjang yang memiliki ukuran skala terkecil 1 mm. Pada saat seseorang melakukan pengukuran menggunakan mistar, arah pandangan orang tersebut harus tegak lurus dengan dengan skala yang ada pada mistar dan benda yang diukur tersebut. Ini dilakuakan agar memberikan hasil yang lebih akurat dan meminimalisir kesalahan dalam pengukuran.

Jangka Sorong

Anda mungkin pernah menggunakan alat ukur panjang yang satu ini, yaitu jangka sorong. Di laboratorium fisika kita dapat dengan sangat mudah menemukan jangka sorong karena alat ini sering di gunakan untuk mengukur diameter sebuah benda yang berukuran kecil.

Mengapa tidak menggunakan mistar untuk mengukur diameter tersebut ? Kita dapat menggunakan mistar, namun untuk memporoleh ukuran yang lebih akurat dengan ketelitian lebih tinggi maka kita memerlukan jangka sorong.

Penemu jangka sorong sendiri adalah seorang ahli teknik yang memiliki kebangsaan Prancis bernama Pierre Vernier. Bagian jangka sorong terdiri dari rahang tetap dan geser ( sorong ). Skala yang terdapat pada rahang tetap merupakan skala utama pada jangka sorong, sedangkan skala yang ada pada rahang geser merupakan skala nonius atau vernier. Skala terkecil pada alat ini adalah 0,1 mm.

Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup adalah alat ukur panjang yang biasa digunakan untuk mengukur ketebalan benda atau diameter benda yang sangat kecil. Alat ini sendiri terdiri atas dua bagian yaitu selubung (poros tetap) dan selubung luar (poros ulir).

Skala panjang yang ada pada poros tetap mirkometer sekrup merupakan skala utama, sedangkan pada poros ulir adalah skala nonius. Mikrometer sekrup memiliki ketelitian yang lebih tinggi dari dua alat yang telah disebutkan sebelumnya ( mistar dan jangka sorong ) yaitu 0,01 mm.

Meteran

Meteran yang biasanya disebut juga dengan Roll Meter adalah alat ukur panjang seperti mistar namun bisa digulung, panjangnya biasanya dari 10 – 50 meter. Meteran  sering digunakan untuk mengukur panjang bangunan atau mengukur panjang katu oleh tukang bangunan. Ketelitian pengukuran dengan meteran ini hingga 0,5 mm. Roll Meter ini pada umumnya terbuat dari bahan plastik atau plat besi tipis. Satuan yang dipakai pada meteran yaitu mm atau cm, feet tau inch.

Meteran biasanya digunakan sebagai alat ukur panjang untuk mengukur benda yang cukup panjang, karena jika menggunakan mistar akan cukup susah dan kemungkinan kesalahan akan besar. Biasanya panjang meteran mencapai 12 meter atau dapat lebih.

Kesimpulan

Alat ukur panjang adalah alat yang digunakan untuk mengukur satuan panjang. Macam - macam alat ukur panjang yang sering digunakan adalah mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup dan meteran. Setiap alat ukur panjang memiliki ketelitiannya masing-masing sehingga digunakan untuk mengukur benda yang berbeda-beda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel