Cara Berkembang Biak Paus

Paus adalah salah satu hewan mamalia yang hidup di dalam air, tidak seperti kebanyakan mamalia yang hidup di darat. Semua hewan melakukan perkembangbiakan, termasuk juga dengan ikan paus. Jadi bagaimanakan cara paus melakukan reproduksi atau berkembang biak ?
perkembangbiakan paus Telah dikatakan bahwa ikan paus adalah hewan mamalia, ia juga berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar) sama dengan kebanyakan mamalia lainnya. Perkembangbiakan secara seksual terjadi antara paus jantan dan betina dan paus betina akan hamil lalu melahirkan anak. Perkembangbiakan paus tidak seperti perkembangbiakan hiu diamana hiu bertelur karena ia adalah salah satu ikan (pisces), namun paus memiliki cara berkembang biak yang sama dengan lumba-lumba.

Paus jantan mencapai umur dewasa antara 7 sampai 10 tahun tergantung spesiesnya, sedangkan pada betina sekitar 5 sampai 7 tahun. Ikan paus betina sering memiliki banyak mitra selama musim kawin sehingga sangat mungkin bahwa dia akan hamil. Ibu paus hanya akan memiliki satu bayi dan kemudian merawatnya selama setahun penuh, ini berarti tingkat reproduksi paus  sangat kecil. Namun, paus muda cenderung memiliki kesempatan yang sangat bagus untuk bertahan hidup hingga dewasa. Fakta bahwa satu-satunya predator untuk paus adalah manusia.

Umumnya paus ramah di alam, namun ketika musim kawin sang jantan akan bersaing untuk memperebutkan betinanya. Namun, kematian akibat perkelahian ini sangat jarang terjadi. Tujuan perkelahian ini hanyalah untuk menentukan siapa yang lebih kuat.

Paus betina sangat reseptif terhadap jantan selama musim kawin. Mereka menyukai suara yang dihasilkan oleh paus jantan. Namun, setelah paus jantan kawin dengan betina, paus jantan cenderung untuk pergi dan mengurus lainnya. Betina juga bersedia untuk kawin lagi dan lagi dengan jantan yang berbeda.

Semua paus melahirkan anaknya. Anak paus dilahirkan dengan sirip mereka muncul pertama. Masa kehamilan ikan paus berkisar antara 10 sampai 16 bulan, itu akan tergantung pada jenis spesies ikan paus.

Ukuran bayi paus akan tergantung pada spesies dan ukuran ibu. Sebuah pedoman umum adalah bahwa anak ikan paus akan menjadi sekitar seperempat dari panjang ibu. Pada beberapa keturunan yang lebih besar seperti Paus Biru akan lebih besar saat lahir dari paus lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa paus dapat memiliki rentang hidup antara 40 sampai 100 tahun.  Mereka diklasifikasikan sebagai mamalia berdasarkan bagaimana mereka bereproduksi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel