10 Daftar PHP Framework Terbaik

PHP talah lama dikenal sebagai bahasa server-side untuk membangun sebuah website dan bahasa ini adakah yang paling populer di dunia karena fleksibel dan cepat, PHP biasanya mengolah potongan HTML yang akan di tunjukkan kepada pengguna dimana setiap pengguna akan di berikan sebuah pengalaman yang berbeda.

Para web developer biasanya harus membangun sebuah website yang kompleks dan / atau membangun sebuah web app, karena pengerjaan sebuah website yang kompleks dan rumit tersebut mngekibatkan perlu waktu yang lama untuk membangunnya dari awal. Secara naluriah pasti kita menginginkan pengerjaan website yang cepat walaupun website tersbut adalah sebuah website yang komplek maka para pengembang mulai membangun sebuah kerangka yang nantinya akan mempermudahnya karena mereka tidak akan perlu lagi mengerjakan hal dasar namun langsung pada proses pembuatan dan desain, kerangka ini yang kita sebut sekarang sebagai framework.

Framework untuk bahasa PHP saat ini sudah banyak di kembangkan dimana kesemuanya memiliki tujuan tertentu misalnya untuk mempermudah bahasa, agar performance website menjadi baik dan bahkan ada yang hanya untuk mempermudah proses desain. Dalam posting kali ini kami memberikan daftar PHP framework yang populer dan terbaik yang dapat memfasilitasi dan mempermudah proses pembangunan backend dari website anda.

Mengapa menggunakan Framework

Sebelum menuju daftarnya kami akan membahas dulu mengapa harus menggunakan framework untuk meyakinkan anda untuk menggunakannya, mari kita lihat alasan utama mengapa banyak developer ingin menggunakan kerangka kerja PHP dan bagaimana kerangka kerja ini dapat menaikkan level proses pembangunan website Anda. Inilah yang framework PHP lakukan:

Mempercepat pengembangan webiste

Kita sudah tahu pasti bahwa lebih cepat mengerjakan website yang telah memiliki kerangka daripada harus memulainnya dari awal.  Kerangka dari framework sudah terorganisir dengan baik, kode dapat digunakan kembali dan dipelihara. Sehingga kita dengan mudah menggunakan script yang telah di buat orang lain yang menggunakan framework yang sama. Sehingga pengerjaan sebuah web dapat di lakukan bersama tanpa bentrokan struktur.

Sistem Keamanan yang baik

Sebuah framework tentu mengutamakan keamaan, sehingga bagi yang tidak begitu ahli dalam soal keamanan sebuah web akan mambantu mereka mengamankan pekerjaan yang mereka buat.

Dapat berbagi kode

Kita dapat dengan mudah mengguakan kode yang telah di buat orang sehingga pekerjaan kita menjadi lebih sedikit, misalnya kita ingin membuat website took online, maka kita akan menggunakan sebuah framework dan mencari module yang cocok dengan framework tersebut dan dapat di gunakan dalam pembuatan website.

Struktur website yang baik

Untuk mempermudah biasanya sebuah framework memisahkan antara bagian tampilan, database dan kontrolnya sehingga kita dengan mudah menemukan apa yang kita cari.
Selanjutnya inilah daftar framework terbaik menurut kami dan juga framework ini sudah sangat banyak di gunakan oleh pengembang website dari seluruh dunia.

Laravel

Meskipun Laravel adalah PHP framework yang baru dan dirilis pada tahun 2011, tapi menurut survei online Sitepoint baru-baru ia adalah framework paling populer di kalangan developer. LARAVEL memiliki ekosistem yang besar dengan hosting dan platform yang tersebar luas. Tidak hanya itu, mereka juga menarik perhatian karena website resminya menawarkan banyak video tutorial.
laravel framework
Laravel memiliki banyak fitur yang membuat pengembangan website menjadi lebih cepat. Laravel memiliki template engine sendiri yang disebut "blade", sintaks yang elegan dan cocok untuk pemula ini memfasilitasi tugas Anda yang biasanya sering digunakan seperti otentikasi, sesi, caching dan routing. Laravel sendiri di buat menggunakan komponen Symfony.

Symfony 2

Pada daftar kedua diisi oleh Symfony 2, framework ini banyak digunakan oleh project PHP  yang mengesankan seperti Drupal ( content management ), phpBB ( mesin forum ), Laravel ( framework yang di sebutkan di atas ). Kelebihan dari framework ini adalah mereka tidak hanya menyediakan framework tapi mereka menyediakan komponen sehingga developer dapat dengan mudah memilih komponen mana yang ia butuhkan, seperti yang di lakukan laravel yang menggunakan komponen dari symphony untuk membuat framework sendiri. Symfony memiliki komunitas pengembang yang luas dan banyak penggemar fanatik.
symfony framework
Symfony seperti sebuah perpustakaan komponen PHP yang dapat digunakan kembali untuk menyelesaikan tugas-tugas yang berbeda, seperti konfigurasi objek, routing, otentikasi, template, dan banyak lainnya. Anda dapat menginstal salah satu dari komponen tersebut dengan menggunakan PHP composer.

CodeIgniter

CodeIgniter adalah salah satu framework PHP yang ringan dan berusia hampir 10 tahun ( dirilis pada tahun 2006 ) dan menjadi salah satu framework yang popular di Indonesia. Proses instalasi CodeIgniter sangat mudah dan hanya membutuhkan konfigurasi minimal ( kita tidak perlu mengguakan software ketergantungan seperti composer ), sehingga cocok untuk pelajar. Framework ini juga merupakan pilihan ideal jika Anda ingin menghindari kesalahan akibat versi PHP, karena ia bekerja dengan baik pada hampir semua flatform hosting ( saat ini hanya membutuhkan PHP versi 5.2.4 atau diatasnya ).
codeigniter framework
CodeIgniter tidak sepenuhnya didasarkan pada pola pembangunan MVC. Menggunakan Controller adalah suatu keharusan, tapi Model dan View adalah opsional, dan Anda dapat menggunakan coding versi Anda, bukti bahwa CodeIgniter memberikan kebebasan besar untuk developer. Besar file dari framework ini juga sangat mengejutkan yaitu hanya sekitar 2MB, ukuran ini cukup fantastis untuk sebuah framework yang baik. Tidak hanya itu, CodeIgniter juga memungkinkan Anda untuk menambahkan plugin pihak ketiga jika Anda membutuhkan fungsionalitas yang lebih rumit.

Yii 2

Jika anda menginginkan website anda memproses dengan cepat maka Yii adalah salah satu pilihan dimana framework ini lebih cepat dari framework lainnya, Yii 2 menggunakan teknik lazy loading. Yii 2 adalah murni object oriented, dan hal ini didasarkan pada konsep proses “Jangan Ulangi”, sehingga memberikan Anda basis kode cukup bersih dan logis.
yii framework
Yii 2 terintegrasi dengan jQuery dan dilengkapi dengan serangkaian fitur AJAX, Yii juga mengimplementasikan mekanisme theming yang mudah digunakan sehingga dapat menjadi pilihan yang cocok untuk seseorang yang berasal dari latar belakang frontend. Ini juga memiliki kode generator yang disebut Gii yang memfasilitasi pemrograman berorientasi objek dan prototyping cepat dan menyediakan antarmuka berbasis web yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan kode yang Anda butuhkan.

Phalcon

Framework Phalcon dirilis pada tahun 2012 dan dengan cepat menjadi populer di kalangan pengembang PHP dan adalah salah satu framework PHP terbaik. Phalcon dikatakan secepat elang, karena ditulis dalam bahasa C dan C ++ untuk mencapai tingkat kinerja tertinggi dan memungkinkan optimasi. Kabar baiknya adalah bahwa Anda tidak harus belajar bahasa C, sehingga bahasa PHP sudah cukup untuk membuat sebuah web secepat bahasa C.
phalcon framework
Arsitektur Phalcon yang menggunakan eksetensi C akan secara signifikan mengurangi overhead khas aplikasi berbasis MVC. Phalcon tidak hanya meningkatkan kecepatan eksekusi, tetapi juga mengurangi penggunaan sumber daya sehingga biaya yang akan di keluarkan menjadi lebih sedikit. Phalcon juga dikemas dengan banyak fitur-fitur keren seperti auto-loader universal, manajemen aset, keamanan, terjemahan, caching, dan banyak lainnya. Dokumentasi cara menggukan framework ini sudah di buat dengan sangat baik dan mudah di fahami sehingga membuat Phalcon patut untuk di coba.

CakePHP

CakePHP adalah salah satu framework yang cukup berumur ( versi pertama dirilis pada tahun 2005 ) tapi ia masih di antara PHP framework yang paling popular karena selalu berhasil menjaga kualitas. Versi terbarunya adalah CakePHP 3.0 meningkatkan manajemen sesi, meningkatkan modularitas oleh decoupling beberapa komponen, dan meningkatkan kemampuan untuk menciptakan lebih banyak perpustakaan mandiri.
cakePHP framework
CakePHP memiliki showcase yang benar-benar luar biasa, situs merek besar seperti BMW, Hyundai, dan Express menggunakan CakePHP. Ia adalah alat yang sangat baik untuk menciptakan aplikasi web yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi, karena memiliki banyak fitur keamanan built-in seperti validasi input, pencegahan injeksi SQL, pencegahan XSS (cross-site scripting), perlindungan CSRF dan banyak lainnya.

Zend Framework

Zend adalah PHP framework yang kuat dan stabil, dikemas dengan banyak pilihan konfigurasi oleh karena itu biasanya tidak dianjurkan untuk proyek-proyek yang kecil tetapi sangat baik untuk membuat website yang lebih kompleks. Zend memiliki mitra seperti IBM, Microsoft, Google dan Adobe. Zend Framework 3 akan dioptimalkan untuk PHP 7, tapi masih dapat digunakan pada PHP 5.5 dan seterusnya.
zend php framework
Saat ini Zend Framework 2 juga memiliki banyak fitur-fitur keren seperti coding kriptografi, drag and drop editor yang mudah digunakan dengan dukungan untuk teknologi front-end ( HTML, CSS, JavaScript ), debugging instan dan pengujian, dan database wizard. Zend Framework diciptakan dengan metodologi Agile yang memfasilitasi aplikasi berkualitas tinggi dan memberikan hasil yang memuaskan kepada klien perusahaan.

Slim

Slim adalah micro PHP framework yang menyediakan bagian penting dalam website dan banyak menghilangkan bagian yang tidak penting. Framework ini memuiliki desain yang minimalis, mereka sangat baik untuk aplikasi yang lebih kecil di mana framework yang penuh tumpukan akan berlebihan. Slim terinspirasi oleh kerangka mikro Ruby disebut Sinatra.
slim php framework
Slim digunakan oleh banyak pengembang PHP untuk mengembangkan API. Slim dilengkapi dengan fitur seperti routing URL, client-side HTTP caching, sesi dan cookies. Panduan Pengguna mudah dibaca, dan jika Anda tertarik pada fitur-fitur baru dari rilis utama mendatang (sudah dalam versi beta), Anda dapat menonton video primer Slim 3.

FuelPHP

FuelPHP adalah PHP framework yang fleksibel dan tidak hanya mendukung pola MVC biasa tetapi juga HMVC. FuelPHP menambahkan kelas opsional yang disebut Presenter ( sebelumnya disebut ViewModel ) lapisan antara Controller dan View.
FuelPHP framework
FuelPHP adalah framework yang modular, ia mengurus masalah keamanan dengan menyediakan fitur seperti penyaringan input dan URI, output encoding, dan dilengkapi dengan kerangka kerja otentikasi sendiri, dengan banyak fitur canggih lainnya.

PHPixie

PHPixie adalah framework yang cukup baru, dimulai pada tahun 2012 dengan tujuan untuk menciptakan kerangka kinerja tinggi untuk situs web read-only. PHPixie juga menerapkan pola desain HMVC seperti FuelPHP dan dibangun dengan menggunakan komponen independen yang dapat digunakan dengan baik tanpa kerangka itu sendiri.
phpixie
Situs resmi PHPixie memiliki tutorial yang mengklaim Anda dapat mempelajari kerangka dalam 30 menit, dan blog mereka juga terdapat detail banyak kasus penggunaan praktis. Di antara fitur Anda dapat menemukan ORM standar (object-relational mapping), caching, validasi input, otentikasi dan otorisasi. PHPixie juga memungkinkan Anda untuk menggunakan bahasa markup HAML, memungkinkan skema migrasi, dan memiliki sistem routing yang canggih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel