Alat Ukur Berat

Berat adalah salah satu besaran turunan dalam fisika dimana berat tidak sama dengan massa. Biasanya orang keliru mengatakan alat ukur massa sebagai alat ukur berat. Satuan berat adalah kg.m/s^2 atau disetarakan dengan Newton. Jika anda mencari informasi tentang alat ukur massa maka anda dapat membuka artikel alat ukur massa.
Alat Ukur Berat
Penggunaan satuan Newton adalah untuk menghargai Newton ( salah satu penemu ) karena jasanya didalam bidang fisika. Berat suatu benda adalah massa benda tersebut dikalikan dengan gravitasi tempat benda berada. Sehingga sebenarnya untuk menghitung berat kita dapat menggunakan alat ukur massa lalu dikalikan dengan gravitasi tempat tersebut.

Satu – satunya alat ukur berat yang dapat langsung digunakan adalah neraca pegas yang memiliki satuan Newton. Neraca pegas sangat sering kita jumpai di laboratorium fisika. Namun, kelemahan dari menggunakan neraca pegas untuk mengukur berat adalah keterbatasan berat yang dapat dihitung. Oleh karena itu jika Anda ingin menghitung berat benda yang memiliki massa besar maka Anda harus menggunakan neraca lainnya atau timbangan lalu melakukan perhitungan.

Langkah – langkah untuk menghitung berat benda

Untuk menghitung berat kita perlu memiliki alat ukur massa terlebih dahulu, cara – caranya adalah sebagai berikut :

Menimbang massa dari benda tersebut

Cara menimbang massa tergantung jenis timbangan atau neraca yang digunakan. Menimbang massa adalah kegiatan yang mudah dilakukan, apalagi jika anda memiliki timbangan digital dimana anda hanya perlu menaruh benda diatasnya maka nilainya akan keluar secara langsung dengan ketelitian yang lebih tinggi.

Menentukan gravitasi di daerah tersebut

Anda dapat menggunakan metode – metode tertentu untuk menghitung gravitasi di daerah tersebut. Jika anda benar – benar tidak memiliki perlengkapan untuk menghitung gravitasi mana anda dapat menggunakan nilai gravitasi umum yaitu 9,8 m/s^2.

Melakukan perhitungan

Langkah terakhir adalah melakukan perhitungan nilai berat melalui data yang kita peroleh. Dimana kita ketahui bahwa rumus berat ( weight ) adalah W = m x g. dengan begitu kita akan mengalikan massa yang kita peroleh dari timbangan dengan gravitasi tempat tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel