Cara Berkembang Biak Rumput Teki

Kita mungkin dapat sangat sering menemukan rumput teki karena ia adalah salah satu tumbuhan yang berkembang biak dengan cepat dan hidup di lahan terbuka. Dikutip dari Wikipedia dalam halaman “Teki Ladang” bahwa tumbuhan yang memiliki nama latin Cyperus rotundus ini adalah salah satu gulma yang sangat sulit untuk dikendalikan karena rumput teki sangat adaptif. Lalu bagaimana cara perkembangbiakan rumput teki ?

Cara Berkembang Biak Rumput Teki
Rumput teki berkembang biak dengan geragih (stolon) dimana geragih sendiri adalah sebuah modifikasi dari batang yang tumbuh menyamping dan di ruas – ruasnya akan tumbuh bakal tumbuhan baru. Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara berkembang biak tumbuhan Anda dapat membaca artikel tentang perkembangbiakan tumbuhan.

Telah dikatakan bahwa rumput teki adalah salah satu gulma yang adaptif, dimana ini berarti bahwa rumput teki sebagai gulma dapat dengan cepat beradaptasi dengan linkungannya sehingga dapat berkembangbiak dengan cepat dan dapat mempertahankan dirinya di berbagai lingkungan (seperti lingkungan panas atau lingkungan berair) sehingga penyebarannya sangat cepat. Keberadaan rumput teki bagi petani sangat tidak menguntungkan karena dapat mengganggu tumbuhan utama dalam proses memperoleh kebutuhannya seperti mendapat air dan garam - garam mineral kerna lebih dulu diserap oleh rumput ini.

Rumput teki juga mampu membuat umbi (tuber) yang sebenarnya itu adalah modifikasi dari batang tumbuhan tersebut. Geragih dari rumput teki dapat tumbuh panjang hingga mencapai kedalaman sekitar satu meter dalamnya. Dengan kedalaman satu meter tersebut mengakibatkan para petani tidak dapat (atau dalam hal lain memerlukan banyak biaya) untuk menghilangkan keberadaan rumput ini secara keseluruhan dari sawah mereka. Walaupun sawah terlihat sudah membasmi rumput ini tapi kenyataannya geragih mereka tetap berada di dalam tanah dan dapat tumbuh sewaktu – waktu dan menjadi gulma kembali.

Meskipun rumput teki adalah salah satu gulma yang sangat sulit untuk di control namun di Indonesia ada yang menjadikan tumbuhan ini sebagai obat herbal. Sehingga membuat obat dengan rumput ini dapat dengan mudah didapatkan bahan bakunya. Dengan demikian kita tidak perlu menanamnya di pekarangan rumah kita. Salah satu penyakit yang dapat diobati oleh rumput reki adalah kencing batu, untuk cara pengolahannya anda dapat mencarinya di beberapa artikel karena cara pengolahannya sangat mudah.

Selain mengobati kencing batu ternyata rumput teki juga dapat memperlancar buang air besar. Mungkin bagi anda yang sering mengalami kesulitan buang air besar dan terlalu sering bergantung pada obat-obatan maka kini saatnya anda beralih menggunakan obat herbal. Dengan menggunakan obat herbal dapat menurunkan ketergantungan pada obat – obatan.

Demikianlah artikel tentang penjelasan tentang cara berkembang biak rumput teki, semoga dapat difahami dengan baik dan dapat berguna. Untuk referensi tumbuhan lainnya kami juga telah menulis cara berkembang biak jagung, pisang, wortel, bawang dan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel