Cara Mengamankan Laptop Dari Pencuri Data

Pencurian data identitas merupakan mimpi buruk bagi semua orang dan setiap orang dapat mengalami hal tersebut. Apalagi data yang di curi berhubungan dengan akun bank dan sebagainya, maka sudah pasti kita akan mengalami kerugian yang cukup besar. Pencurian data ini dapat mempengaruhi individu, bisnis dan bahkan instansi pemerintah yang menjalankan layanan online. Pencuri data menggunakan identitas orang lain untuk melakukan kejahatan seperti mencuri, memfitnah, atau untuk kepentingan pribadi atau keuangan nya sendiri.
pencuri data orang lain
Sebagai salah satu kejahatan yang paling cepat berkembang di dunia, kasus pencurian identitas diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang jika konsumen tidak diberikan pendidikan yang tepat tentang bagaimana mengamankan computer, laptop dan perangkat lainnya dari penjahat. Cybercrime telah menunjukkan taringnya dalam lima tahun terakhir, yang paling dominan adalah dalam kasus penipuan online.

Menurut Study 2016, lebih dari $ 15 milyar data identitas dicuri dari 13,1 juta konsumen di tahun 2015. Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana metode umum pencuri yang mereka gunakan untuk mendapatkan informasi dan cara yang bisa kita lakukan untuk mengamankan komputer dari para hacker ini .

Bagaimana Pencuri Data Identitas Melakukan Penipuan

Ada banyak cara dan tujuan para hacker untuk dapat memperoleh informasi pribadi orang:

  • Dengan mendapatkan informasi pribadi Anda secara online, mereka dapat membuka rekening kartu kredit menggunakan nama Anda, login perbankan, email dan password.
  • Mereka dapat mengkloning dan membuat duplikat kartu kredit Anda dan menggunakannya untuk membeli sesuatu secara online.
  • Mereka menggunakan virus computer yang disebut malware, pencuri dapat merekam ketikan keyboard anda sehingga mereka tau situs yang anda kunjungi dan apa password anda. Mereka dapat menggunakan malware ini untuk membuka password Anda dan membuka rekening online Anda.
  • Dengan mendapatkan nomor jaminan sosial Anda, hacker dapat meniru Anda untuk mengajukan permohonan demi memperoleh asuransi, berlaku untuk properti atau pembelian properti sewa yang harus Anda bayar tetapi Anda tidak akan menikmatinya.
  • Beberapa penipu dapat menggunakan kartu debit Anda untuk berbelanja online.
  • Pencuri dapat menggunakan virus ransomware untuk mengenkripsi file komputer Anda. Mereka akan melakukan enkripsi file hanya jika Anda membayar uang tebusan kepada mereka.
  • Hacker dapat memperoleh akses ke ponsel Anda ketika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi publik. Demikian pula, ketika Wi-Fi di rumah tidak memiliki keamanan yang baik, hacker dapat menggunakannya untuk mendapatkan akses melalui perangkat lunak.


Bagaimana cara mengamankan laptop / komputer Anda

Marlilah kita lihat beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mengamankan laptop dari pencurian identitas.

Langkah 1 - Gunakan Enkripsi

Hanya menggunakan password pada komputer Anda seketika menghentikan hacker dari mencuri dan mengambil data file Anda. Pencuri dapat menghapus drive Anda, menghubungkan ke sistem mereka, dan mentransfer file dari computer Anda ke perangkat mereka. Namun, dengan enkripsi Anda akan menempatkan keamanan ekstra pada data Anda.

Enkripsi adalah salah satu metode untuk melindungi data, biasanya digunakan untuk menyimpan informasi pribadi yang digunakan dalam transaksi online atau berbelanja online. Ada banyak bentuk enkripsi yang digunakan pada berbagai tahap ketika menangani informasi digital, berikut adalah daftarnya.

enkripsi disk

enkripsi ini memberikan keamanan terkuat. Enkripsi ini dapat menyimpan semua file Anda, dalam hal ini ketika kasus laptop Anda hilang atau dicuri maka pencuri tidak akan mendapat sedikitpun mengenai data dari komputer.

enkripsi file tunggal

enkripsi ini digunakan untuk mengenkripsi satu kelompok file atau satu file. Hal ini dapat dienkripsi menggunakan kunci atau password.

enkripsi Multi-folder

bentuk enkripsi memungkinkan beberapa pengguna untuk mengakses informasi yang dienkripsi. perangkat lunak enkripsi ini menggunakan password bersama untuk pengguna.

Ada banyak program yang dapat digunakan untuk mengenkripsi komputer Anda. Beberapa yang paling terpercaya adalah Vera Crypt, sebuah perangkat lunak enkripsi gratis untuk Windows, OSX dan Linux. Selanjutnya ada Bit Locker, yang merupakan program enkripsi yang dibangun ke dalam Windows (Pro dan Enterprise).

Langkah 2 - Otentikasi Komputer Anda

Otentikasi adalah keamanan tambahan untuk komputer Anda. Ini adalah salah satu langkah yang paling penting untuk melindungi data privasi dari komputer Anda untuk mengurangi risiko pencurian identitas.

Misalnya Double otentikasi membantu membuat password Anda menjadi lebih aman karena cara ini memanfaatkan telpon pengguna untuk login, jadi dibutuhkan lebih dari sekedar password. Mereka akan mengirimi anda nomer verifikasi dan para hacker harus memiliki akses ke telepon anda agar dapat mencuri akun anda.

Banyak komputer bisnis saat ini juga menggunakan slot-in smartcard yang memberikan keamanan ekstra. Anda dapat menemukan teknologi ini pada gadget yang lebih kecil seperti ponsel dan tablet.

Metode otentikasi lainnya adalah biometric, yaitu dengan cara mengidentifikasi wajah atau sidik jari seseorang. Namun, hanya laptop tang telah di lengkapi dengan perlengkapan tertentu yang dapat menggunakan cara ini.

Langkah 3 - Ubah Pengaturan Browser Anda

Kebanyakan browser menyimpan password, email dan nama pengguna. Sementara ada pilihan untuk menonaktifkan ini, banyak orang memilih untuk menyimpan password mereka demi kenyamanan. Jika laptop Anda dicuri atau di hack maka semua informasi yang tersimpan di browser Anda akan berguna untuk pencuri identitas.

Seperti browser, email juga memiliki informasi pribadi Anda dan dengan demikian harus lebih mudah diamankan. Para ahli menyarankan menggunakan password yang kuat ( sering 12 karakter dan dengan angka, simbol, dan huruf besar dan huruf kecil ) untuk membuat pencuri sulit untuk membuka semua akun Anda.

Langkah 4 - Update Anti Virus / Program Anti Malware

Tidak peduli apakah Anda mengakses internet melalui komputer, laptop, atau smartphone. Sebuah perangkat lunak keamanan yang baik dapat melindungi anda setiap saat dari berbagai macam serangan seperti phishing, hacking, malware dan virus.

Malware dan virus dapat masuk ke sistem Anda melalui berbagai cara untuk menyerang perangkat anda. Cara terbaik untuk memastikan Anda terlindungi adalah dengan menginstal program anti virus dan anti malware yang akan melindungi komputer Anda. Namun Anda perlu memilih antivirus dan anti malware yang sesuai.

Langkah 5 - Lindungi Koneksi Nirkabel Anda

Pencuri data dapat menggunakan Wi-Fi untuk masuk ke komputer dan perangkat seseorang atau paling tidak melihat data transfernya. Jika tidak dienkripsi, koneksi Wi-Fi Anda dapat dengan mudah digunakan sebagai alat untuk memata-matai hampir semua yang Anda lakukan secara online.

Bila menggunakan koneksi jaringan nirkabel yang bersifat publik seperti di kafe, hotel, dan bandara maka pastikan bahwa semua informasi pribadi Anda dilindungi ( tidak mengakses rekening keuangan Anda atau account penting ketika pada Wi-Fi publik ).

Saat anda di rumah juga penting untuk mengenkripsi dan membuat password pada Wi-Fi keluarga Anda. Banyak hacker menggunakan Wi-Fi untuk memperoleh profil rinci Anda dan keluarga Anda dengan hanya menganalisis dan melihat situs web yang Anda kunjungi.

Sebagian besar situs melakukan enkripsi informasi yang Anda berikan kepada mereka, namun masih ada situs lain yang tidak menyediakan enkripsi login yang akan mengamankan informasi Anda. Salah satu cara Anda dapat melindungi koneksi nirkabel Anda adalah dengan menggunakan sandi yang kuat.

Langkah 6 - Gunakan Sistem Notifikasi

Salah satu cara untuk mengamankan informasi pribadi Anda yang ada di komputer atau di perangkat manapun adalah dengan sistem notifikasi. Dengan sistem ini anda akan mendapat peringatan saat login ke sebuah akun, misalnya saja notifikasi SMS dan sebagainya. Dengan cara tersebut anda akan mudah mengetahui jika ada yang masuk ke akun Anda selain diri Anda sendiri.

Sebagai contoh, sistem peringatan identitas Lifelock memonitor berbagai aplikasi di komputer seseorang. Hal ini memberikan laporan lengkap dan monitoring layanan nirkabel, kartu kredit, hipotek dan banyak lagi. Ketika sistem mendeteksi risiko dalam identitas Anda, ia akan mengirimkan peringatan melalui email, telepon atau sms.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel