Tujuan Makhluk Hidup Memiliki Ciri Khusus

Setiap makhluk hidup pastilah memiliki ciri – ciri khusus yang membedakannya dari yang lain dan tentunya hal tersebut memiliki tujuan tertentu. Misalnya saja seperti warna kulit yang dimiliki oleh bunglon dapat berubah – ubah dengan tujuan tuntuk dapat menyamar agar dapat terhindar dari predator yang ingin memangsa dirinya. Untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan apa saja tujuan makhluk hidup memiliki ciri – ciri khusus.
Tujuan Makhluk Hidup Memiliki Ciri Khusus

Agar Terhindar atau Melindungi Diri Dari Predator

Banya makhluk hidup memiliki predator yang siap untuk memangsanya, misalnya saja seperti cicak yang siap untuk dimangsa oleh hewan lainnya. Agar terhindar dari musuhnya cicak dapat memutuskan ekornya agar ia dapat mengecoh musuhnya. Bahkan jika cicak tertangkap maka musuhnya hanya mendapatkan ekor dari cicak itu saja.

Contoh lain adalah rusa yang memiliki tanduk untuk melindungi diri dari musuhnya sehingga rusa dapat melawan musuhnya dengan tanduk yang ia miliki tersebut.

Untuk Memperoleh Makanan

Kita ketahui sendiri bahwa setiap makhluk hidup memerlukan makanan karena makan adalah salah satu dari ciri – ciri makhluk hidup. Misalnya saja seperti kelelawar yang memiliki kemampuan untuk mendengar suara yang ia pantulkan sehingga dapat dengan jelas mengetahui letak makanannya meskipun ia tidak dapat melihat saat gelap. Kita ketahui bahwa kelelawar adalah salah satu dari hewan yang aktif pada malam hari sehingga memerlukan ciri khusus agar dapat memperoleh makanannya.

Jika kelelawar tidak memiliki kemampuan mendengar yang baik maka sudah pasti kelelawar tidak akan dapat menemukan makanannya pada malam hari dan jika demikian maka kelelawar akan purnah karena tidak akan mendapatkan makanan. Selain pada hewan seperti kelelawar, tumbuhan juga ada yang melakukan kegiatan makan ( tidak seperti tumbuhan lainnya yang makan dari sari tanaman ).Tumbuhan pemakan serangga adalah salah satu contohnya.

Tumbuhan pemakan serangga dapat hidup walaupun pada tanah yang memiliki nutrisi rendah karena ia akan memperoleh nutrisi dari makanannya yaitu serangga. Ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan pemakan serangga adalah kemampuannya untuk menarik perhatian serangga lalu dapat memakannya.

Untuk Dapat Bertahan Hidup

Setiap makhluk hidup harus mempertahankan hidupnya agar mereka tidak punah. Mengapa perlu mempertahankan hidupnya ? kerena tidak semua kondisi dapat menguntungkan makhluk hidup tersebut. Misalnya saja jika tumbuhan berada pada daerah yang sangat panas, gurun misalnya maka jika ia tidak memiliki ciri khusus yang dapat mempertahankan hidupnya di daerah gurun maka semua tumbuhan tersebut akan mati. Contohnya adalah kaktus yang memiliki daun yang di modifikasi menjadi duri dan ini membedakannya dari tumbuhan yang lain. Modifikasi daun ini sendiri bertujuan agar kaktus tidak melakukan banyak penguapan sehingga air yang telah ia simpan dapat bertahan dari keadaan panas. Lalu duri juga dapat melindungi dirinya dari hewan yang ingin merusaknya.

Contoh berikutnya adalah unta yang memiliki punuk untuk menyimpan cadangan air sehingga ia dapat bertahan hidup lebih lama dari hewan lainnya di daerah gurun yang sangat sulit untuk menemukan air.

Demikianlah penjelasan dari tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Jika referensi ini masih memiliki kekurangan silahkan berkomentar di kolom komentar, kami dengan senang hati akan memperbaikinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel