Macam – macam Neurotransmitter Otak dan Fungsinya

Setiap rangsangan dari luar tubuh seperti sentuhan, suara dan yang di terima alat indra manusia akan di teruskan menuju ke otak untuk segera di proses. Dalam proses tersebut setiap sel syaraf akan saling terhubung dan memberikan informasi hingga sampai pada otak manusia. dimana hubungan tersebut kita kita sebut dengan sinapsis. Neurotransmitter terletak pada di dalam gelembung sinapsis ujung akson.
Macam – macam Neurotransmitter Otak dan Fungsinya
Ada lebih dari seratus jenis neurotransmitter pada otak. Namun ada tujuh jenis yang paling dasar yang akan di sebutkan pada artikel ini. Berikut adalah macam – macam jenis neurotransmitter pada otak :

Asetilkolin

Asetilkolin adalah zat yang memacu hubungan antar neuron, neuron dan otot polos intestinum serta neuron dan otot serat lintang. Fungsinya sendiri adalah untuk proses penyimpanan berbagai hal yang kita ingat dan kita hafal ( pembentukan memori ).

Jika seseorang kekurangan asetilkolin juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit Alzheimer karena zat ini sangat dibutuhkan saat seseorang dalam keadaan sadar dan berkonsentrasi.

Asam Gamma aminobutirat ( GABA )
Zat ini dalah neurotransmitter otak yang memiliki fungsi untuk membatasi kecepatan transmisi antar neutron. Hal tersebut dilakukan agar otak manusia tidak menjadi panas saat digunakan untuk berfikir, apalagi saat manusia berfikir keras. Tanpa pembatasan tersebut maka neuron akan cepat rusak.

Asam Glutamin

Hamper sama dengan asetilkolin yang berguna dalam proses memori. Asam glutamin juga berfungsi untuk proses mengingat informasi baru sehingga nanti dapat dimunculkan kembali.

Dopamin

Dopamin adalah zat yang berfungsi untuk membuat seseorang fokus pada hal – hal tertentu  atau agar seseorang memiliki konsentrasi yang tinggi. Dopamin juga dapat mengatur gerak tubuh dan bentuk tubuh agar menjadi proporsional. Selain itu jika seseorang kekurangan dopamin akan menimbulkan penyakit Parkinson.

Endorfin

Endorphin adalah zat yang dapat meredam rasa sakit yang di rasakan oleh seseorang. Dengan zat tersebut tubuh kita akan terasa tenang. Banyak yang mengatakan bahwa neurotransmitter yang satu ini adalah morfin yang di produksi oleh tubuh kita.

Noradrenalin

Fungsi dari zat ini hamper sama dengan adrenalin namun yang memproduksinya adalah otak manusia. Ia juga dapat meredam nafsu makan seseorang. Noradrenalin juga berfungsi untuk memindahkan materi-materi yang telah disimpan didalam “hippocampus” (tempat penyimpanan informasi jangka pendek) ke lapisan otak yang disebut neokorteks (penyimpanan informasi jangka panjang).

Serotonin

Serotonin adalah neurotransmitter yang berfungsi sebagai penenang sehingga zat ini sangat  dibutuhkan untuk menjaga stabilitas emosi dan membuat kita tidur. Serotonin juga berperan penting untuk menimbulkan perasaan  tenang. Jika kita kekurangan serotonin sedikit saja, maka hal tersebut dapat menimbulkan perilaku yang dapat membahayakan orang  yang bersangkutan (misalnya saja akan timbul penyakit bulimia, kecenderungan kecanduan terhadap bahan berbahaya seperti alkohol dan lainnya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel