Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Setiap makhluk hidup tersusun atas sel, mulai dari yang memiliki satu sel (sel tunggal / uniselular) dan memiliki banyak sel pada tubuhnya (multiselular). Selain perbedaan tersebut, ada juga perbedaan sel yang dilihat dari kondi inti sel tersebut (nukleus). Mereka dibedakan menjadi dua yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik.
Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik
Sel pada hewan dan tumbuhan termasuk kedalam sel eukariotik karena memiliki inti yang nyata kerana inti tersebut telah dilengkapi dengan membran inti. Namun, beda halnya dengan sel dari protozoa, protista dan jamur, mereka termasuk kedalam sel prokariotik karena tidak memiliki membran inti.

Sel Prokariotik

Umumnya yang memiliki sel eukariotik adalah hewan uniseluler dan hewan uniseluler yang berkoloni. Istilah prokariota sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu pro yang berarti sebelum karyon yang berarti kacang atau biji berarti prokariotik adalah sebuah sel yang belum mempunyai membran inti atau inti selnya tidak terbungkus oleh membran inti. Contoh makhluk hidup yang memiliki sel prokariotik adalah bakteri dan sianobacteria.

Sel Eukariotik

Istilah Eukariotik berasal dari bahasa Yunani yaitu eu yang berarti baik dan karyon yang berarti kacang atau biji berarti sel eukariotik adalah sel yang telah memiliki membran inti atau inti selnya telah terbungkus oleh membran inti. Karena terbungkus oleh membran inti maka sel tersebut dapat dengan jelas dibedakan inti dengan bagian lainnya, jadi materi genetik sel tersebut tidak tersebar. Telah disebutkan bahwa sel hewan dan sel tumbuhan adalah contoh dari sel eukariotik.

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik

Telah di sebutkan perbedaan utama dari kedua jenis sel tersebut adalah ada tidaknya membran inti. Berikut adalah daftar perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik :

1. Inti sel

Sel prokariotik Tidak memiliki membran inti atau nucleus tidak nyata dan tersebar dalam sitoplasma sedangkan sel Eukariotik memiliki inti sel yang nyata karena memiliki membran inti.

2. Ukuran sel

Diameter Sel prokariotik adalah 0,2 sampai 2.0 µm dan sel eukariotik adalah 10 sampai 100 µm. Dengan demikian sel eukariotik berukuran lebih besar.

3. Organel terbungkus membran

Hanya pada sel eukariotik semua organel terbungkus membran seperti mitokondria, retikulum endoplasma, lisosom dan organel lainnya.

4. Flagela

Pada sel eukariotik flagelanya tersusun atas banyak mikrotubula dan pada sel prokariotik memiliki mengandung dua protein penyusun.

5. Glikokaliks

Pada sel prokariotik memiliki glikokaliks dalam bentuk kapsul atau lapisan lender sedangkan pada sel eukariot ia hanya terdapat pada sel yang tidak memiliki dinding sel.

6. Dinding sel

Pada sel prokariotik ia memiliki dinding sel yang cukup kompleks dan mengandung peptidoglycan.sedangkan pada sel eukariotik dinding selnya hanya berbentuk komposisi kimia yang sederhana.

7. Membran sel

Pada sel prokariotikmembran selnya tidak mengandung karbohidrat dan kurang mengandung steroid. Sedangkan pada sel eukariotik mengandung steroid dan karbohidrat yang juga dapat berfungsi sebagai reseptor.

8. Sitoplasma

Pada sel eukariot memiliki sitoskeleton dan aliran sitoplasma sedangkan pada sel prokariot tidak memilikinya.

9. Ribosom

Ukuran ribosom sel eukariotik biasanya lebih besar dari sel prokariotik.

10. Susunan Kromosom (ADN/DNA)

Sel prokariot memiliki kromosom sirkular dan tidak mengandung histon sedangkan sel eukariot berbentuk multiple linear dengan histon.

11. Pembelahan sel

Sel prokariotik membelah diri dengan binari fisi sedangkan pada sel eukariotik dengan cara mitosis.

12. Reproduksi seksual

Sel prokariot tidak melakukan meiosis namun hanya melakukan Konjugasi. Pada sel eukariot reproduksi seksual berhubungan dengan meiosis.

13. Permeabilitas membran inti

Pada sel prokariotik selektif dan eukariotik tidak.

14. Kloroplas

Biasanya hanya terdapat pada sel prokariotik tumbuhan.

15. Operon

Operon hanya dimiliki oleh sel prokariotik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel