Perubahan Bentuk Energi Pada Pembangkit Listrik

Kita ketahui bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahakan namun dapat berubah bentuk. Jadi, energi hanya berubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk energi lainnya. Perubahan energi tersebut sangat berguna bagi manusia.
Perubahan Bentuk Energi Pada Pembangkit Listrik
Salah satu kegunaan perubahan energi adalah untuk memperoleh energi listrik yang kita gunakan sehari – hari dari energi lainnya. Energi listrik tidak langsung hadir namun kita perlu menghasilkan energi listrik dari energi lainnya, misalnya saja energi gerak pada angin yang dirubah menjadi energi listrik. Berikut adalah perubahan – perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik :

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)

Pembangkik listrik tenaga air biasanya menggunakan aliran air sungai untuk menggerakkan turbin sehingga turbin akan menghasilkan listrik. Dengan demikian kita dapat menikmati listrik di rumah. Jadi perubahan energinya adalah dari energi gerak (kinetik) langsung ke energi listrik.
energi kinetik → energi listrik

Pembangkit listrik tenaga angin

Sama dengan pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik ini juga langsung mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.
energi kinetik → energi listrik

Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU)

Pada pembangkit listrik tenaga uap, ia memperoleh energi dari uap yang dihasilkan. Namun prosesnya tidak secepat itu, uap yang di hasilkan harus dari bahan bakar yaitu misalnya saja bahan bakar batu bara yang biasa digunakan pada pembangkit listrik tenaga uap di Indonesia. Jadi dari energi kimia, lalu ke energi panas, setelah itu ke energi kinetik ( dari uap tadi ), lalu menghasilkan energi listrik.
energi kimia → energi panas → energi kinetik → energi listrik

Pembangkit listrik tenaga panas bumi

pada dasarnya pembangkit ini sama saja dengan pembangkit tenaga uap, namun uap yang digunakan langsung berasal dari perut bumi sehingga tidak memerlukan energi kimia. Jadi dari energi panas ke energi kinetik lalu ke energi listrik.
energi panas → energi kinetik → energi listrik

Pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD)

Pada pembangkit ini ia menggunakan bahan bakar seperti solar untuk menggerakkan piston agar memperoleh listik. Biasanya pembangkit listrik jenis ini hanya untuk daerah terpencil. Jadi prosesnya adalah energi kimia diubah menjadi energi gerak lalu diubah lagi ke energi listrik.
energi kimia → energi kinetik → energi listrik

Pembangkit listrik tenaga ombak

Pembangkit listrik yang satu ini cukup menjanjikan karena dengan menggunakan ombak akan memperoleh listik. Pembangkit listrik ini mendapatkan energi dari gerakan ombak yang naik turun untuk memperoleh tekanan udara sehingga dapat memutar generator. Prosesnya adalah energi kinetik diubah menjadi energi listrik.
energi kinetik → energi listrik

Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)

Cara kerja pembangkit listrik ini sama dengan pembangkit listrik tenaga uap namun memperoleh panas bukan dari bahan bakar fosil melainkan dari nuklir. Prosesnya adalah energi nuklir diubah menjadi energi panas, kemudian energi panas diunah menjadi energi kinetik. Terakhir energi kinetik akan diubah menjadi energi listrik.
energi nuklir → energi panas → energi kinetik → energi listrik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel