Planet Termuda di Dalam Tata Surya

Tata surya kita memiliki Sembilan buah planet dimana kesemuanya memiliki ciri khas tersendiri. Planet di tata surya kita tersebut mulai yang paling muda hingga yang paling tua. Jika berbicara tentang planet kita ketahui bahwa planet yang paling dekat dengan matahari adalah merkurius dan planet paling jauh dari matahari kita adalah Pluto dan sekaligus menjadi planet termuda pada sistem tata surya kita.
planet termuda di tata surya Jadi, Pluto adalah planet termuda dalam sistem tata surya kita saat ini. Dengan jarak yang jauh dari matahari membuat planet tersebut bersuhu sangat dingin. Planet ini ditemukan pada tahun 1930 dan dinyatakan sebagai planet kesembilan pada tata surya kita.

Planet kecil ini memiliki lima satelit yaitu Charon, Styx, Nix, Kerberos, dan Hydra. Charon adalah satelit Pluto yang memiliki ukuran yang paling besar dan ukurannya hamper setengah dari planet Pluto itu sendiri. Nama Pluto sendiri diambil dari nama dewa dan diusulkan oleh seorang pelajar bernama Venetia Burney (1918–2009) yang berasal dari Oxford di Inggris, ia memrikan nama tersebut karena tertarik dengan mitologi klasik.

Periode dari orbit Pluto adalah 248 kali tahun Bumi. Ciri orbitnya sangat berbeda dengan ciri orbit planet lainnya yang biasanya melingkar mengelilingi Matahari dengan bidang acuan hampir datar (ekliptika). Sebaliknya, orbit planet yang satu ini justru sangat terinklinasi relatif ke ekliptika (lebih dari 17°) dan eksentris (eliptis). Dengan eksentrisitas yang tinggi tersebut berarti ada wilayah dimana orbit Pluto lebih dekat dengan Matahari daripada orbit dari planet Neptunus. Meskipun orbit dari Pluto tampaknya melintasi orbit Neptunus, namun orbit kedua planet ini sejajar sehingga mereka tidak akan pernah bertabrakan.

Demikianlah informasi mengenai planet termuda di dalam tata surya kita ini, semoga dapat membantu anda untuk lebih memahaminya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pluto, anda dapat membacanya dari situs – situs sain yang membahas tentang astronomi. Planet Pluto juga pernah di hapus dari daftar salah satu planet pada tata surya namun akhirnya di masukkan kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel