Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

Setiap makhluk hidup di bumi ini di klasifikasikan dalam kelompok tertentu, dimana kelompok tersebut memiliki kekerabatan yang lebih erat. Dengan begitu kita akan mudah mempelajari hewan ataupun tumbuhan tersebut karena dengan hanya mengetahui nama ilmiah hingga kingdomnya, kita akan dapat mengetahui makhluk hidup itu seperti apa, apakah hewan atau tumbuhan, jika tumbuhan apakah berbiji dua atau berbiji satu dan seterusnya.
Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup
Dasar klasifikasi dari makhluk hidup dalam ilmu biologi saat ini adalah kesamaan ciri – cirinya (yang sebagian besar secara morfologi), jadi semakin banyak kesamaan yang dimiliki hewan ataupun tumbuhan tersebut maka dapat kita pastikan bahwa hubungan kekerabatannya semakin dekat. Setiap disiplin ilmu dan bagiannya pasti memiliki tujuan, misalnya saja untuk mempermudah manusia. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah :

1. Mempermudah mengenali makhluk hidup

Hewan, tumbuhan, makhluk hidup bersel satu atau dengan kata lain semua makhluk hidup memiliki ciri – ciri tertentu yang dimana ada yang memiliki kesamaan dan ada pula yang memiliki perbedaan antara satu dan yang lainnya. Dengan pengelompokan, kita dapat mengetahui ciri – ciri makhluk hidup tersebut dengan data nama ilmiahnya hingga kingdomnya. Dengan data tersebut kita langsung dapat mengenali hewan ataupun tumbuhan tersebut.

2. Mempermudah untuk mengetahui ciri – ciri makhluk hidup

Seperti yang telah dikatakan pada bagian 1, dengan adanya nama ilmiah kita dapat mengetahui ciri – ciri dari hewan maupun tumbuhan dengan mudah. Ciri – ciri umum tersebut dapat kita jadikan acuan yang pasti karena nama ilmiah berdasarkan ciri – ciri secara morfologi, anatomi dan lainnya. Dengan demikian untuk menjelaskan bagaimana hewan atau tumbuhan tersebut kita dapat dengan mudah mengetahuinya hanya dari nama ilmiahnya.

3. Mempermudah dalam membandingkan

Kita sudah pasti ingin membandingkan hewan dan tumbuhan di sekitar kita. Misalnya saja katak dan ikan, kita dapat membandingkannya dimana ikan hanya dapat hidup di air sedangkan katak dapat hidup di air dan di darat. Dengan perbandingan sederhana ini saja sudah terdapat menjelaskan perbedaannya. Apalagi dengan pengelompokan yang lebih kompleks. Misalnya saja kita dapat membandingkan apakah suatu hewan tersebut berbulu atau tidak, memiliki cangkang atau tidak, bertulang rawan atau tidak dan sebagainya. Kesemuanya tersebut mempermudah kita membandingkannya sehingga dapat digunakan pada tujuan tertentu. Misalnya saja untuk memilih tumbuhan yang cocok untuk ditanami.


4. Mempermudah mempelajari makhluk hidup

Dalam mempelajari hewan tertentu sudah pasti kita membutuhkan informasi mengenai hewan tersebut, bagaimana ciri – cirinya, tempat hidupnya, makanannya dan sebagainya. Dengan adanya klasifikasi yang dapat memberikan kita gambaran mengenai hewan tersebut kita dapat dengan mudah untuk mempelajari hewan tersebut, karena kita tidak perlu lagi mempelajari hal – hal dasar yang ada pada hewan tersebut. Inilah salah satu kegunaan klasifikasi yang sangat penting dalam ilmu biologi. Dengan begitu para ilmuan dapat menghemat waktu dan mempermudah pekerjaannya.

5. Mempermudah pengelompokan makhluk hidup baru

Tidak semua hewan dan tumbuhan telah di kenal di dunia ini, mungkin ada banyak hewan dan tumbuhan yang masih tersembunyi di tengah hutan dan tidak di katahui oleh manusia. Jika hewan atau tumbuhan tersebut suatu saat di temukan oleh manusia, mereka pasti akan di klasifikasikan. Dengan adanya data ciri – ciri dari kingdom hingga spesies, manusia dapat dengan mudah mengelompokkan hewan atau tumbuhan tersebut. Ini akan menghemat waktu, daripada harus melabelkan satu – satu ciri dari hewan atau tumbuhan tersebut.

6. Mempermudah menghubungkan kekerabatan

Telah dikatakan bahwa semakin banyak kesamaan ciri – ciri dari dua makhluk hidup yang berbedda maka kekerabatan dari makhluk hidup tersebut semakin dekat. Dengan begitu kita dapat menghubungkan keduanya pada titik tertentu, misalnya saja mereka memiliki genus yang sama. Dengan begitu kita ketahui keduanya benar – benar hamper mirip. Misalnya saja serigala dan anjing.

Demikianlah tujuan dari adanya klasifikasi atau pengelompokan dari makhluk hidup, jadi kesimpulannya adalah klasifikasi makhluk hidup memiliki tujuan dimana tujuannya adalah mempermudah manusia dalam memahami, mengenal dan mempelajari makhluk hidup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel