Akibat Yang Ditimbulkan Apabila Rumput Liar Tidak Dipotong

Rumput adalah salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh cepat dan mampu menyesuaiken diri terhadap lingkungannya. Oleh karena itu petani biasanya menganggap rumput sebagai hama (gulma) yang harus di potong. Namun mengapa walaupun rumput telah di potong tetap saja tumbuh lagi? Ini dikarenakan rumput dapat tumbuh dari akarnya, dimana akar rumput dapat mencapai kedalaman 1 meter.
Akibat Yang Ditimbulkan Apabila Rumput Liar Tidak Dipotong Karena rumput liar adalah gulma maka mereka akan di potong secara berkala. Jika rumpput liar tersebut tidak di potong maka dapat mengganggu tumbuhan lainnya, terutama tumbuhan pertanian karena rumput liar tersebut akan mengambil unsur hara tanah. Tumbuhan lainnya memerlukan nutrisi dari unsur hara yang ada di tanah, jika jumlah rumput liar sangat banyak maka akan mengakibatkan perebutan nutrisi sehingga tumbuhan yang harusnya mendapatkan nutrisi dari tanah akan kekurangan nutrisi sehingga hasil yang di harapkan akan jauh dari seharusnya.

Selain itu pada tingkat yang parah dapat menyebabkan tumbuhan lainnya mati karena kekurangan makanan. Oleh karena itu biasanya para petani memangkas rumput yang menjadi gulma tersebut.

Namun, rumput tidak hanya menjadi gulma, ia juga dapat menjadi tanaman hias dan pakan ternak sehingga ada yang mengembangbiakkannya. Tapi tentu saja di tempatkan pada tempat yang jauh dari area pertanian sehingga tidak mengganggu tumbuhan yang lain. Beberapa hewan yang memakan rumput adalah sapi, kambing, kuda dan kerbau. Oleh karena itu kita tidak dapat memusnahkan semua rumput yang ada.

Lapangan yang sering di gunakan pada pertandingan sepak bola juga sebagian besar menggunakan rumput karena kelebihannya adalah menyebabkan tanah tidak berdebu, mengurangi resiko lecet oleh tanah dan sebagainya. Jadi, risiko yang ditimbulkan oleh rumput liar yang tidak di potong kebanyakan hanya pada tumbuhan yang ada pada lahan pertanian.

Demikianlah pembahasan mengenai dampak yang ditimbulkan oleh rumput liar yang tidak dpotong, semoga bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, jangan segan untuk berkomntar. Kami akan berusaha membalas dengan secepat yang kami bisa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel