Benda Magnetik dan Non Magnetik

Magnet adalah salah satu benda yang banyak di gunakan dalam kehidupan manusia saat ini, karena sifatnya yang mampu menarik logam sehingga dapat dimanfaatkan dalam kehiduopan sehari-hari. Magnet dapat di gunakan dalam membuat motor listrik, pembangkit listrik dan sebagainya.
bahan magnetik
Tidak semua benda dapat di tarik oleh magnet, benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda magnetik dan yang tidak dapat di tarik disebut dengan non magnetik. Kebanyakan benda magnetic adalah logam, namun tidak semua logam dapat di tarik oleh magnet. Saat logan di tarik oleh magnet, maka logam tersebut akan di pertahankan oleh magnet agar terus menempel padanya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa benda atau bahan-bahan yang dapat di tarik atau ditolak oleh magnet disebut sebagai bahan magnetik atau magnetis dan yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut bahan non magnetik atau non magnetis.

Benda magnetik

Benda magnetik adalah benda-benda yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung unsur magnet atau logam yang dapat berinteraksi dengan magnet. Bahan – bahan magnetik memiliki kekuatan menempel yang berbeda – beda, sehingga dapat di kelompokkan menjadi tiga. Kebanyakan bahan ini adalah logam. Berikut adalah klasifikasi bahan magnetik :

Bahan ferromagnetik

bahan ini adalah bahan yang ditarik kuat oleh magnet, sehingga biasanya digunakan sebagai pasangan magnet dalam berbagai keperluan. Contoh bahan ferromagnetik adalah besi, baja, kobalt, dan nikel.

Bahan paramagnetik

bahan ini adalah bahan yang ditarik lemah oleh magnet dan tidak sekuat ferromagnetik. Contoh bahan paramagnetik  adalah alumunium dan platina.

Bahan diamagnetik

bahan ini adalah bahan yang ditolak lemah oleh magnet. Contohnya adalah seng, bismuth, dan natrium klorida.

Benda non magnetik

Benda non magnetik / magnetis adalah benda yang sebagian besar mengandung bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Bahan non magnetik tidak dapat di tarik atau ditolak oleh magnet, sehingga biasanya hanya menjadi pembungkus untuk alat –alat yang berhubungan dengan magnet. Kebanyakan bahan ini adalah bahan non logam, contohnya adalah plastik.

Contoh bahan magnetik dan bahan non magnetik

Setiap bahan jika dikaitkan dengan kemampuannya menarik benda atau memiliki gaya magnet atau tidak pasti akan terbagi dua yaitu benda atau bahan magnetik dan yang tidak magnetik. Berikut adalah contohnya :

Contoh bahan magnetik

Berikut adalah beberapa contoh bahan yang dapat ditarik oleh magnet :

1. Besi

Besi atau fe (ferrum) adalah logam yang paling umum digunakan di bumi karena merupakan unsur keempat terbesar pada kerak bumi. Besi dapat di tarik oleh magnet karena termasuk kedalam bahan ferromagnetik.

2. Baja

Selain besi, baja juga merupakan bahan ferromagnetik yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Tentu saja baja yang ditarik kuat adalah baja murni.

3. Kobalt

Elemen yang biasanya ditemukan dalam bentuk campuran di ala mini juga merupakan bahan yang dapat ditarik kuat oleh magnet.

4. Nikel

Tidak seperti besi, nikel adalah salah satu logam yang tahan terhadap karat. Namun sayangnya nikel bersifat lembek dan biasanya dijadikan sebagai campuran pembuat bahan baja yang keras dan tahan karat.

Contoh bahan non magnetik

Berikut adalah beberapa contoh bahan yang tidak dapat ditarik maupun ditolah oleh magnet :

1. Kayu

Kayu adalah bahan yang berasal dari tumbuhan, biasanya digunakan sebagai bahan pembuat perabot hingga membuat rumah. Karena kayu bukanlah sejenis logam maka ia tidak dapat ditarik oleh magnet.

2. Plastik

Plastik adalah bahan yang terbentuk oleh kondensasi organik atau penambahan polimer. Kita pasti telah kenal betul dengan plastik karena banyak perlengkapan yang terbuat dari plastik.

Informasi Tentang magnet

Magnet awalnya adalah bahan yang ditemukan di alam, namun kini magnet telah dapat di buat oleh manusia dengan berbagai cara. Magnet yang berasal dari alam disebut dengan magnet alam dan magnet yang dibuat disebut dengan magnet buatan.

Magnet buatan biasanya dibuat dari bahan ferromagnetic yang telah disebutkan diatas, karena bahan ini memiliki kemampuan yang dapat menyimpan medan magnet. Meskipun begitu, harga magnet tetap saja mehal karena proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama. Meskipun demikian, magnet tetap banyak di gunakan oleh manusia untuk membuat perlengkapan elektronik.

Namun, perbedaan dari magnet buatan dan magnet alam adalah daya tahan kemagnetannya. Dimana magnet buatan biasanya memiliki daya kemagnetan sementara atau tidak tetap. Magnet permanen biasanya terbuat dari bahan baja, sedangkan magnet tidak tetap terbuat dari besi lunak.

Pembuatan magnet biasanya tergantung kegunaannya nanti, karena tidak semua magnet cocok dengan alat yang akan dipasangkan magnet tersebut. Ada yang membutuhkan magnet kuat da nada juga yang hanya membutuhkan magnet lemah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel