Nilai Sosial Beserta Ciri-ciri dan Fungsinya

Kita sering mendengar nilai sosial dan menjadi salah satu materi yang di ajarkan dalam pelajaran sosiologi di waktu SMA. Nilai sosial sendiri terdiri dari dua kata yaitu nilai dan sosial. Mungkin untuk kata sosial kita sering mempelajarinya, namun untuk kata "nilai" yang berhubungan dengan sosial dapat diartikan sebagai taksiran atau hal-hal penting yang dianggap penting atau yang berguna bagi manusia dan dapat mendorong manusia mancapai tujuannya.
Nilai Sosial

Pengertian nilai sosial

Nilai sosial adalah penghargaan yang diberikan masyarakat kepada sesuatu yang dianggap benar, baik dan penting yang berguna untuk menjaga kelangsungan hidup masyarakat. Jadi, jika kita membahas mengenai nilai sosial berarti telah masuk ke ranah masyarakat, sehingga kita tidak dapat menentukan sendiri nilai tersebut.

Setiap masyarakat memiliki nilai sosial sendiri dan hal tersebut menjadi ciri atau identitas masyarakat tersebut. Oleh karena itu setiap nilai sosial yang ada pada mesyarakat daerah tertentu atau suku tertentu tidaklah harus sama dengan mesyarakat atau suku yang lainnya. Hal tersebut diakibatkan karena nilai tersebut di anut oleh masyarakat tertentu dan hal tersebut bisa jadi tidak sesuai dengan keadaan masyarakat daerah lain.

Nilai sosial juga merupakan salah satu gambaran dan ciri masyarakat tersebut, karena nilai tersebut adalah data yang diperoleh dari pengalaman masyarakat sepanjang sejarah masyarakat tersebut. Dari pengertian dan pembahasan tadi berarti penghargaan suatu masyarakat terhadap sesuatu nilai tertentu tidak akan sama. Tergantung fungsi dan kegunaan nilai yang akan dirasakan oleh masyarakat tersebut. Hancurnya nilai sosial akan mengakibatkan hancurnya sistem sosial yang ada di masyarakat.

Pengertian nilai sosial menurut Kimball Young

Kimbal Young mengartikan nilai sosial sebagai asumsi abstrak dan sering tidak disadari mengenai apa yang dianggap benar dan yang penting.

Pengertian nilai sosial menurut Woods

Woods mengatakan bahwa nilai sosial adalah petunjuk-petunjuk umum yang telah berlangsung lama yang mengarahkan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri - ciri nilai sosial

Nilai sosial memiliki ciri - ciri yang membedakannya dari nilai yang lain, berikut adalah ciri-ciri nilai sosial :

a. Tercipta secara sosial

Nilai sosial adalah nilai yang tercipta saat sesuatu seperti seseorang, prilaku dan sebagainya telah berada di masyarakat. Nilai tersebut tidak di dapatkan secara biologis atau bawaan lahir. Ini berarti seseorang yang lahir di suatu daerah harus mengukuti nilai yang ada pada daerah tersebut.

b. Berlangsung secara terus menerus

Nilai sosial tidak serta merta ada dan dipatuhi oleh semua anggota kelompok masyarakat melainkan ia tercipta atas dasar persetujuan dari kebanyakan anggota masyarakat tersebut. nilai tersebut bisa jadi berubah-ubah tergantung dari kebutuhan dan keadaan anggota masyarakat tersebut. proses sosial seperti interaksi sosial, difusi, kontak sosial dan akulturasi bisa saja menyebabkan perubahan nilai tersebut.

c. Memberikan pengaruh yang berbeda-beda terhadap orang

Setiap orang dalam anggota masyarakat tersebut bisa saja memiliki pendapat yang berbeda mengenai nilai yang ada pada masyarakaat di daerah tersebut. Ini berarti bahwa ada anggota masyarakat yang merasa diuntungkan oleh nilai tersebut, sebaliknya ada juga yang merasa dirugikan oleh adanya nilai yang sudah berlaku di masyarakat tersebut.

d. Melibatkan emosi dan perasaan

Karena nilai sosial memberikan pengaruh yang beda pada setiap anggota masyarakat, ini akan memberikan dampak adanya emosi dan perasaan yang digunakan pada nilai tersebut. Atau bahkan bisa sebaliknya, dimana nilai tercipta akibat dari perasaan sekelompok orang di anggota masyarakat tersebut. Misalnya adalah banyak anggota masyarakat suatu daerah tidak suka orang mebuk-mabukan sehingga di daerah tersebut nilai yang berlaku adalah nilai buruk bagi yang melakukan kegiatan tersebut.

Fungsi nilai sosial

Secara umum fungsi nilai sosial adalah memberikan rasa tentram kepada seluruh anggota masyarakat agar dapat bertingkah laku sesuai dengan yang aturan yang diyakini dan ditetapkan oleh masyarakat tersebut sehingga dapat mencapai tujuan bersama di dalam masyarakat. Jadi, fungsi nilai sosial adalah sebagai berikut:

a. Sebagai pedoman berprilaku

Nilai sebagai pedoman berfungsi sebagai arahan kepada individu di dalam masyarakat untuk berprilaku, tentunya prilaku ini sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat tersebut. Nilai juga menjadi landasan dan motivasi dalam setiap langkah dan perbuatan individu di dalam masyarakat tersebut.

b. Sebagai kontrol sosial

Salah satu fungsi dari nilai sosial adalah sebagai alat kontrol sosial dimana ia dapat memberikan batasan-batasan kepada individu untuk bertingkah laku. Prilaku individu atau kelompok di luar batasan nilai yang berlaku akan mengakibatkan jatuhnya sanksi terhadap individu atau kelompok tersebut, disisi lain juga dapat menimbulkan perasaan bersalah.

c. Sebagai pelindung sosial

Nilai sebagai alat pelindung sosial artinya adalah nilai tersebut akan memberikan perlindungan dan memberikan rasa aman kepada individu dan kelompok. individu atau kelompok yang berprilaku sesuai dengan nilai tersebut dapat melakukan tindakan apapun tanpa harus merasa takut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel