Tujuan Makhluk Hidup Bergerak, Bernapas, Ekskresi, dan Beradaptasi

Setiap makhluk hidup pasti memiliki tujuan dalam setiap gerak dan tingkah lakunya. Kesemua tujuan tersebut pasti memiliki dampak yang dirasakan atau tujuan tersebut harus di penuhi demi kelangsungan hidupnya. Misalnya saja tumbuhan yang menggugurkan daunya untuk mengurangi penguapan yang terjadi. Berikut adalah beberapa tujuan makhluk hidup dalam beberapa aspek kehidupannya.

Tujuan Makhluk Hidup Bergerak, Bernapas, Ekskresi, dan Beradaptasi

Tujuan makhluk hidup bergerak

Setiap makhluk hidup pasti pernah melakukan gerak, entah itu gerak aktif ataupun pasif. Tujuan makhluk hidup bergerak adalah sebagai berikut:

1. Untuk memperoleh makanan

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan, entah itu manusia, hewan atau tumbuhan. Salah satu cara yang paling ampuh untuk memperoleh makanan dengan cara bergerak. Hewan mencari makanan dengan gerak aktif sedangkan tumbuhan mencari makanan dengan gerak pasif.

2. Untuk melindungi diri

Gerak pada makhluk hidup biasanya untuk melindungi dirinya dari musuh, misalnya saja rusa yang berlari saat di kejar singa. Ia berusaha agar dirinya tidak tertangkap oleh singa tersebut, sehingga tidak dimangsa oleh predatornya. Pada tumbuhan, biasanya mereka bergerak ke arah yang jauh dari bahan berbahanya sehingga hidupnya tidak legi terancam.

3. Untuk mencari pasangan dalam berkembang biak

Pada hewan yang tidak dapat membuahi dirinya sendiri, mereka akan bergerak untuk mencari pasangannya. Mereka melakukan hal tersebut agar kelestarian jenisnya terjaga dan tidak sampai punah.

Tujuan makhluk hidup bernapas (respirasi)

Setiap makhluk hidup pasti bernapas, entah itu manusia, hewan, tumbuhan hingga bakteri melakukan pernapasan. Tentu saja cara bernapas dan alat pernapasannya berbeda-beda pula. Berikut adalah daftar tujuan makhluk hidup bernapas :

1. Untuk memperoleh energi

Tujuan utama dari proses bernapas makhluk hidup adalah untuk memperoleh energi. Contohnya adalah tumbuhan yang memerlukan karbondioksida untuk membantunya mengubah sari-sari tanah menjadi energi dan oksigen. Tanpa adanya asupan energi sudah tentu makhluk hidup tersebut akan mengalami kesulitan dalam hidupnya.

2. Untuk mempertahankan hidupnya

Karena energi adalah salah satu hal yang penting maka bernapas adalah salah satu cara makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya.

Tujuan Makhluk Hidup Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)

Setiap makhluk hidup pasti mengeluarkan zat sisa atau yang di kenal dengan nama ekskresi. Ini terjadi karena mereka harus mengeluarkan hasil dari proses memperoleh energi atau proses metabolisme. Jika zat-zat tersebut tidak dikeluarkan maka akan menumpuk dan menjadi racun di dalam tubuh mereka. Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa sisa metaboleisme adalah racun yang harus di buang, sehingga dengan membuang zat sisa tersebut akan menjaga keseimbangan tubuh makhluk hidup tersebut.

Tujuan makhluk hidup beradaptasi

Setiap makhluk hidup tentu melakukan adaptasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hal itu dilakukan agar dapat membantu dirinya untuk bertahan hidup, melindungi diri dari musuh, menyesuaikan diri dengan lingkungan dan melestarikan jenisnya. Kami telah menulis artikel tentang tujuan makhluk hidup beradaptasi disini untuk lebih jelasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel