Cara Berkembang Biak Itik

Itik dan bebek termasuk kedalam aves dimana cara berkembangbiaknya sama dengan ayam. Mereka termasuk kedalam hewan ovipar atau hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Sebelum melakukan pembuahan biasanya Itik jantan akan mengepakkan sayap mereka sebagai bagian dari pertunjukkan untuk menarik lawan jenisnya. Selain itu saat bersama pasangannya ia juga akan mengepakkan sayapnya, namun kadang proses merayu tidak dimulai dari sang jantan.
Dengan gerakan-gerakan tadi itik betina akan melihat kearah jantan dan itik jantan tersebut akan mendapatkan respon.  Kebanyakan itik dikenal agresif dan kadang-kadang melakukan kekerasan saat ritual kawin mereka.

Naluri dasar itik

Itik atau bebek akan kawin selama tahun pertama didalam hidup mereka dan proses ini biasanya didahului oleh betina. Ketika itik betina siap untuk berkembang biak, ia akan berenang diatas permukaan dengan memanjangkan leher mereka. Itik betina tersebut akan memperhatikan seekor jantan dan berenang mendekati jantan pilihannya, ia akan ber-kwek dengan cepat dan menggetarkan paruhnya. Seperti yang telah dikatakan tadi, jantan akan mengepakkan sayapnya dan kemudian mengarah ke kopulasi.

Namun tidak semua berakhir seperti itu, dalam perjalanannya kadang terdapat beberapa itik jantan lain yang agresif dan merebut betina dari jantan lainnya.

Proses pembentukan individu baru

Ketika itik melakukan kopulasi, maka hasil pertemuan sel sperma dan sel telurnya (zigot) akan disimpan didalam tubuh induk betinanya. Setelah hal itu terjadi maka zigot akan terus berkembang menjadi emberio lalu akan terbukungkus cangkang dan menjadi telur.

Meskipun jantan lain berhasil kawin dengan betina yang tidak ingin kawin dengannya, betina tadi dapat mengeluarkan lagi sperma yang tidak diinginkan tersebut  dari dalam tubuhnya. Itik betina tadi hanya akan menyisakan sperma dari perkawinan yang ia inginkan.

Yang mempersiapkan sarang adalah itik betina dengan cara membuat lekukan di tanah dengan panjang sekitar 6 inci dan hingga 9 inci. Dengan dibuatnya sarang tersebut maka itu akan menjadi wilayahnya hingga telur menetas. Pada beberapa jenis itik yang melakukan perkawinan hanya dengan satu pasangan (monogami), ia akan menemani betina tadi untuk menjaga telur hingga telur-telur tersebut menetas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel