Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Setiap proses belajar yang dilakukan pasti mendapatkan hasil, namun masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil bekajar tersebut. Hasil belajar tersebut dapat dinilai oleh seorang guru sehingga guru tersebut dapat mengamati kemajuan yang dialami oleh peserta didiknya.
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Dari informasi kemajuan siswa tersebut, guru dapat menyimpulkan proses apa yang harus dilakukan agar kegiatan belajar tersebut dapat efektif dan berpengaruh baik terhadap peserta didik. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa :

Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari peserta didik itu sendiri seperti kesehatannya dan kondisi psikologisnya saat itu. Faktor internal ini dibagi menjadi dua yaitu :

1. Faktor fisiologis

Kondisi fisik seorang siswa saat proses belajar berlangsung sangat mempengaruhi hasil belajar. Misalnya saja jika seorang siswa dalam keadaan kurang sehat memaksakan dirinya untuk ikut belajar di kelas, kemungkinan besar siswa tersebut tidak mampu menyerap materi yang diajarkan oleh seorang guru secara optimal. Hal tersebut berbeda saat siswa dalam keadaan sehat dan bugar, ia akan dapat mengikuti pelajaran lebih baik daripada dalam keadaan sebelumnya.

2. Faktor psikologis

Seperti kita ketahui bahwa setiap siswa memiliki kondisi psikologis yang berbeda antara siswa satu dengan yang lainnya. Contohnya adalah salah satu faktor psikologis seperti intelegensi, dimana anak dengan kemampuan intelegensi lebih tinggi biasanya lebih mampu menyerap materi pelajaran yang diajarkan oleh gurunya. Namun tidak hanya intelegensi yang berperan penting, faktor psikologis lain seperti perhatian, bakat dan minat, motivasi dan daya nalar siswa juga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar.

Jika seorang siswa memiliki kemampuan intelegensi yang cukup tinggi namun ia tidak memiliki perhatian terhadap materi yang diajarkan, dan hal tersebut terjadi karena tidak adanya minat dari siswa tersebut maka tentu akan mengaurangi hasil belajar dari siswa tersebut. Jadi, setiap faktor psikologis berkaitan erat antara satu dengan yang lainnya.

Faktor Eksternal

Faktor ekseternal adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yang berasal dari luar dirinya. Berikut adalah faktor eksternal juga terbagi menjadi dua yaitu :

1. Faktor lingkungan

Lingkungan juga berperan sangat penting terhadap hasil belajar yang diperoleh seorang siswa. Faktor lingkungan ini terbagi menjadi dua yaitu lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Kedua faktor lingkungan tersebut memiiliki dampaknya sendiri-sendiri.

Jika faktor lingkungan sosial seorang siswa dalam keadaan tidak baik, misalnya lingkungan social dari siswa tersebut adalah kumpulan orang yang malas dan tidak perduli pendidikan. Maka yang terjadi adalah siswa tersebut cenderung untuk mengikuti lingkungan sosialnya tersebut.

Faktor lingkungan fisik adalah keadaan dari lingkungan siswa tersebut, apakah tempatnya bersih, rapi dan nyaman untuk melakukan proses belajar atau bahkan sebaliknya. Jika faktor lingkungan fisiknya terganggu terntu proses belajar menjadi terhambat dan hasil belajarpun menjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

2. Faktor instrumental

Faktor instimental adalah faktor yang keberadaan dan penggunaannya dirancang sesuai dengan hasi belajar yang diharapkan dari siswa tersebut. Faktor ini dapat berfungsi sebagai salah satu sarana agar tercapainya tujuan – tujuan belajar yang telah ditetapkan sebelumnya. Faktor ini berupa kurikulum, sarana dan guru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel