Unsur - Unsur Seni Rupa

Seni rupa yaitu salah satu cabang dari seni yang hasil karyanya bisa dinikmati dengan indera penglihatan dan perabaan, dalam seni rupa terdapat unsur-unsur seni rupa. Dalam seni rupa kita mengenal istilah visual art dimana pengertiannya adalah karya seni yang dapat kita lihat dan memiliki wujud nyata.
Unsur - Unsur Seni Rupa Dalam membahas dan mengapresiasi karya seni atau dalam hal ini seni rupa, tidak lepas dari dua hal yang sangat penting yaitu unsur seni rupa dan prinsip dasar seni rupa. Dalam karya seni sesederhana apapun akan tetap memiliki unsur-unsur yang membentuknya karena unsur-unsur tersebut melekat sebagai satu kesatuan dengan seni rupa itu sendiri.

Beberapa unsur dalam seni rupa adalah elemen yang digunakan untukdapat menghasilkan suatu karya seni dimana nantinya karya seni tersebut akan dinikmati oleh banyak orang. Karya seni rupa memiliki salah satu fungsi yaitu untuk menunjang kebutuhan sehari-hari manusia. Untuk menciptakan sebuah karya seni rupa dibutuhkan unsur-unsur pembentuk seni rupa tersebut. Lalu Apa saja unsur-unsur seni rupa ? Dalam artikel ini, kami akan membahasnya. Berikut adalah unsur-unsur seni rupa :

1. Titik

Unsur seni rupa yang pertama dan paling dasar adalah titik. Ia juga merupakan salah satu unsur dasar dari seni rupa yang terkecil. Titik berbentuk sebuah bintik dan dengan titik, seseorang dapat memperoleh suatu ide baru dalam menciptakan karya seni rupa yang baru seperti garis, bentuk bahkan ruang. Titik juga dapat menjadi pusat perhatian tersendiri,hal tersebut terjadi jika titik itu memiliki warna berbeda dari yang lainnya atau berkumpul membetuk suatu pola.

Kita juga dapat menjadikan titik sebagai unsur satu-satunya dalam gambar dan sapat membentuk seolah-olah ada unsure lain seperti garis dan lainnya. Ini dapat dilakukan dengan cara menebalkan bagian tertentu dengan titik tersebut serta membentuk pola.

2. Garis

Garis adalah unsur seni rupa yang memiliki dimensi berbentuk memanjang dan cenderung memiliki arah tertentu, selain itu ia mempunyai beberapa sifat seperti panjang, pendek, horizontal, vertikal, tipis, lurus, berombak, melengkung, tebal, patah- patah, miring, halus dan banyak lagi yang lainnya. Garis sangat sering dan hampir selalu di pakai dalam karya seni seperti lukisan. Penggunaan garis sendiri bertujuan untuk untuk mencapai kesan tertentu dalam sebuah karya. Salah satu contohnya adalah garis lurus seakan-akan memiliki kesan keras dan garis patah-patah memiliki kesan kaku.

3. Bidang

Salah satu unsur seni rupa yang juga sering digunakan selain garis adalah sebuah bidang. Bidang tersebut terbentuk dari gabungan beberapa garis yang saling berhubungan. Bidang memiliki dimensi yang berbeda dengan garis dan titik, dimensi yang dimiliki oleh bidang adalah lebar dan panjang atau sering disebut pipih.
Jika dilihat dari segi bahasa “bentuk” bisa diartikan sebagai bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Bangun merupakan sebuah bentuk yang polos atau dapat dikatakan ia adalah seperti apa yang dilihat oleh mata dan hanya sekedar melihat sifatnya saja. Misalkan saja benda tersebut persegi panjang, lingkaran, dan bentuk-bentuk lainnya.

Bentuk plastis (form) adalah benda yang tidak hanya dapat dilihat dari bentuknya saja, melainkan ia juga memiliki sebuah nilai yang berharga. Contuhnya adalah sebuah lemari,sebuah  meja dan sebuah kursi. Dalam hal ini meja tidak saja sebuah benda yang memiliki sebuah bentuk, tetapi ia juga memiliki nilai lebih yaitu ia dapat digunakan sebagai tempat untuk menaruh benda-benda lainnya.

4. Tekstur

Kita sering mendengar istilah tekstur, tekstur yang kasar, lembut dan sebagainya. Lalu apakah tekstur itu ?. Tekstur adalah sifat dari permukaan sebuah benda. Seperti yang dikatakan bahwa sifat tersebut dapat berkesan kasar, halus, berpori, licin dan sebagainya. Kesan tersebut dapat dirasakan dengan menggunakan indra penglihatan serta indra peraba. Contoh dari tekstur adalah permukaan meja, permukaan lemari dan lainnya. Tesktur terbagi menjadi dua macam yaitu :

Tekstur nyata

Tekstur ini merupakan tekstur yang mempunyai nilai yang sama antara penglihatan dengan rabaan. Contohnya adalah jika kita melihat benda tersebut kasar dan jika kita sentuh benda tersebut memang kasar.

Tekstur semu

Tekstur ini merupakan tekstur yang berbeda antara indra penglihatan dengan indra peraba. Contohnya adalah jika kita melihat benda yang kasar namun saat kita sentuh ternyata benda tersebut memiliki tekstur yang licin.

Ringkasan

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang hasilnya dapat dinikmati dengan indra penglihatan dan peraba. Seni rupa memiliki empat unsur yang menyusunnya yaitu titik, garis, bidang dan tekstur. Kesemua unsur-unsur tersebut berbeda satu dengan yang lainnya namun masih dapat saling berhubungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel