Cara Mengetahui Golongan Darah

Setiap orang tentu ingin mengetahui golongan darah yang ia miliki, untuk mengetaui golongan darah tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang paling disarankan dan paling umum digunakan untuk mengetahui golongan seseorang adalah dengan cek / memeriksa golongan darah dirumah sakit atau puskesmas terdekat. Dengan perlengkapan di rumah sakit anda akan mengetahui golongan darah anda.
Cara Mengetahui Golongan Darah Selain itu ada beberapa cara lain yang dapat digunakan, namun keandalan dan akurasi hasil yang didapatkan tidak dapat dipertanggung jawabkan. Oleh karena itu cara lain untuk menentukan golongan darah tersebut hasilnya tidak dapat dipercaya 100% dan tidak dapat digunakan sebagai acuan pengobatan seseorang. Kesalahan pada pengecekan golongan darah dalam tes yang manapun bias saja terjadi, sebaiknya tes dilakukan lebih dari sekali. Berikut tes atau cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengetahui golongan darah  :

Pemeriksaan golongan darah dengan serum

Cara mengetahui golongan darah dengan serum adalah dengan melakukan pemeriksaan menggunakan serum khusus, cara pemeriksaan ini biasanya dilakukan di rumah sakit, puskesmas atau lab kesehatan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa cara ini adalah cara yang paling sering digunakan dan hasilnya dapat dipercaya karena tes dilakukan dengan cara mengetes golongan darah secara langsung. Pada tes ini seseorang akan dimintai sedikit sample darahnya, biasanya darah dikeluarkan dari jari seseorang dengan menggunakan jarum. Jumlah darah yang diambil tidak banyak, hanya beberapa tetes saja.

Darah tadi diteteskan diatas serum anti-a, anti-b dan anti-ab, lalu akan dilihat dimanakah terjadi penggumpalan darah. Melalui hasil tersebut maka seseorang dapat diketahui apakah ia memiliki golongan darah A, B, O atau AB.

Menggunakan ilmu genetika

Jika anda terlalu takut pada jarum maka cara mengetahui golongan darah lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengetahui golongan darah adalah dengan memanfaatkan ilmu genetika yang telah berkembang. Dengan cara ini seseorang tidak perlu mengeluarkan darahnya, namun ada beberapa yang dapat dipastikan dan ada beberapa yang tidak mungkin dipastikan atau memerlukan tes dengan serum untuk mengetahuinya. Genetika adalah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mengenai pewarisan sifat, oleh karena itu jika seseorang ingin mengetahui golongan darahnya dengan cara ini, ia harus mengetahui golongan darah orang tuanya terlebih dahulu.

Golongan darah O adalah golongan darah homozigot yang dapat dipastikan gennya, namun golongan darah A dan B adalah golongan darah heterozogot yang belum dapat dipastikan gennya. AB adakah golongan darah heterozigot yang dapat dipastikan gennya.

Jika ayah dan ibu seseorang memiliki golongan darah O maka dapat dipastikan anak yang dihasilkan memiliki golongan darah O juga. Jika salah satu orang tua memiliki darah O dan yang lainnya memiliki darah A maka kemungkinannya adalah anaknya akan memiliki golongan darah A atau O, begitu juga jika salah satu orang tua bergolongan darah O dan yang lainnya bergolongan darah B, maka kemungkinan anaknya memiliki golongan darah B atau O. Untuk lebih memahami maka anda perlu untuk mempelajari genetika pada golongan darah.

Dengan cara tes kepribadian

Cara ini sangat tidak dianjurkan untuk mengetahui golongan darah karena keakuratannya tidak dapat dipertanggung jawabkan. Beberapa peneliti percaya bahwa golongan darah memiliki dampak pada kepribadian seseorang. Oleh karena itu setiap golongan darah memiliki cirinya tersendiri. Berikut adalah gambaran umumnya :

  • Golongan darah A : Terorganisir, Konsisten, memiliki jiwa kerja-sama tinggi tapi selalu cemas (karena perfeksionis).
  • Golongan darah B : santai, easy going, bebas dan paling menikmati hidup.
  • Golongan darah O : Berjiwa besar, supel, tidak mau mengalah, alergi pada yang detil.
  • Golongan darah AB: Unik, banyak akal, berkepribadian ganda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel