ICW dan Perludem Nilai Mahfud MD sebagai Cawapres Ideal


Indonesia Corruption Watch (ICW) serta Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) memberi syarat calon wakil presiden (cawapres) ideal versi mereka. Ada tiga syarat yang mereka berikan.

"Ada tiga syarat yang penting untuk dipertimbangkan. Pertama, harus sosok yang bersih dan negarawan, memiliki visi penegakan hukum dan demokrasi yang kuat dan konsisten, dan berani melawan mafia hukum dan mafia bisnis," papar Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini di sekretariat ICW, Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Selasa (6/3/2018).

Koordinator bidang politik ICW Donal Fariz menyebut Mahfud MD menjadi calon yang ideal untuk menjadi pendamping Jokowi. Mahfud disebut memenuhi kriteria yang diberikan.

"Tidak mudah mencari sosok yang punya tiga syarat untuk mendampingi Jokowi atau poros lain, saya berani menawarkan nama yang ideal. Prof Mahfud MD, menurut saya, salah satu dari sedikit orang yang bisa memenuhi 3 kriteria," ujar Donal.

Donal memaparkan kriteria yang dipenuhi oleh Mahfud, salah satunya seorang negarawan karena merupakan mantan hakim konstitusi. Mahfud juga profesor bidang hukum yang pasti memiliki visi penegakan hukum.

"Kemudian adalah profesor bidang hukum yang mampu mengawal isu ini. Dan, yang ketiga, beliau sering kali berbicara soal mafia hukum dan mafia bisnis," ujarnya.

Menanggapi nama yang disebut oleh Donal, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsudin Haris menyebut Mahfud adalah cawapres yang layak. Menurutnya, Mahfud tokoh yang bersih, tegas, dan berpengalaman sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tentu Pak Mahfud calon kandidat wakil presiden yang layak tentu saja, sebab bagaimana pun beliau dianggap tokoh yang bersih, kemudian cukup tegas dan juga berpengalaman sebagai Ketua MK," paparnya.

"Kalau berpengalaman sebagai Ketua MK ada pada level negarawan itu. Saya kira salah satu kandidat yang layak untuk dipinang Pak Jokowi juga," ujar Haris. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel