Mau Ketemu tapi Bersyarat, Amien Rais Dinilai 'Caper' ke Presiden Jokowi


Amien Rais membuka pintu silaturahmi dengan Presiden Joko Widodo dengan persyaratan. Permintaan Amien itu dinilai sebagai hal yang cari perhatian alias caper ke Jokowi.

"Pesan politiknya pasti ada, dia kan apapun itu tokoh politik ya, hanya apa ya, dia tuh lagi pengen banget diperhatiin, minta Jokowi dateng gitu kan," kata Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio saat dihubungi detikcom, Rabu (30/5/2018).

Hendri menilai, pesan politik yang ingin disampaikan lewat pertemuan itu adalah Amien ingin menjaga level politiknya dengan Jokowi.

"Pesan politiknya adalah dia berusaha menjaga levelnya, dan Jokowi juga sering datang ke tokoh bangsa lain, Megawati sering, Prabowo pernah, jadi sebetulnya kalau kemudian ketemu Amien Rais ya biasa saja. Kadang kan ketemu Megawati juga nggak diekspos," lanjutnya.

Ajakan Amien Rais agar Jokowi menemuinya juga dinilai sebagai hal yang wajar. Sebab, menurut Hendri, Amien Rais adalah rakyat biasa yang bisa saja dikunjungi langsung oleh Jokowi, di mana posisinya.

"Sebetulnya konteksnya wajar, apalagi kan presiden pengayau masyarakat juga, apalagi kan Pak Jokowi sebetulnya suka blusukan ketemu rakyat, jadi menurut saya undangannya dianggapnya biasa aja. Jadi kalau kemudian omongannya ya, 'Pak Jokowi ke sini dong', boleh-boleh saja, namanya juga rakyat, apalagi kan pak Jokowi sukanya blusukan," ujar Hendri.

Masih kata Hendri, terpenting menurutnya yakni apa yang diharapakan Amien jika Jokowi menyanggupi syaratnya itu. Dan, apa tujuan sebenarnya dari Amien ingin bertemu Jokowi.

"Yang lebih penting adalah apa yang diharapkan Amien Rais usia, misal Pak Jokowi menyanggupi ketemu dirinya, seberapa penting sebetulnya pertemuan dengan Amien Rais, seberapa pentingnya juga pak Jokowi harus berblusukan ke tempatnya Pak Amien Rais.

Apa sebetulnya yang diharapkan, apakah ada masukan krusial yang disampaikan Amien Rais. Pertanyaannya jadi ke sana, lanjutnya.
Meski demikian, Hendri menyarankan jika ada masukan yang ingin disampaik oleh Amien agar disampaikan dengan santu. Sebab, bagaimana juga, kata Hendri, Jokowi adalah seorang Presiden.

"Saran juga ke pak Amien, kalau mau beri masukan ke Pak Jokowi berikan masukan baik-biak, ya hormati juga presidennya," katanya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel