Puas kinerja Jokowi, pemilih Jateng dukung Ganjar-Yasin


Hasil survei Indikator menyatakan mayoritas masyarakat Jawa Tengah yang puas terhadap kinerja Presiden Jokowi memberikan dukungan terhadap pasangan Ganjar Pranowo- Taj Yasin di Pilgub.

Dari 82,9 persen responden Jawa Tengah yang puas terhadap kinerja Jokowi, 76,3 persen memberikan dukungan ke Ganjar-Yasin, sisanya 18,7 persen memberi dukungan ke Sudirman Said-Ida Fauziyah.

"Mayoritas dari mereka yang puas atau sangat puas terhadap kinerja Joko Widodo sebagai kepala pemerintahan juga memberikan dukungan terhadap pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin," kata Peneliti Indikator Kuskridho Ambadi di Kawasan Cikini Jakarta Pusat, Senin (21/5).

Tak hanya itu, Kuskridho juga menyebut bahwa mayoritas pemilih Jawa Tengah yang mendukung Jokowi di Pilpres, juga memberikan dukungannya kepada Ganjar-Yasin. Berdasarkan survei, 74,1 persen pendukung Jokowi di Jateng, 80,3 persennya mendukung pasangan nomor urut satu itu.

"Dara survei menunjukkan adanya paralelitas antara politik elektoral di tingkat nasional (Pilpres) dan di tingkat lokal (Pilgub). Mayoritas mereka yang mendukung Joko Widodo juga memberikan dukungan politiknya ke Ganjar Pranowo," jelas dia.

Survei ini dilakukan pada 12-21 Maret 2018. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki hak pilih dalam Pemilu.

Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 820 orang dengan metode multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sebesar 3,5% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. [merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel