BPJS Pastikan Seluruh RS Stand By Selama Musim Mudik 2018


Kabar gembira bagi peserta BPJS Kesehatan yang berniat untuk mudik ke kampung halaman. Karena tak perlu risau mengenai masalah kesehatan selama mudik nanti.

Pasalnya, seluruh rumah sakit terutama rumah sakit yang berada di jalur mudik akan tetap stand by selama musim mudik. Tepatnya pada H-8 hingga H+8, peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan.

"Kalau rumah sakit semua stand by, nggak ada rumah sakit yang tutup selama lebaran," tegas Arief Syaefudin selaku Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (4/6/2018).

Terutama fasilitas Instalasi Gawat Darurat (IGD), semua peserta JKN-KIS berhak mendapatkan pelayanan ini selama mudik. Baik IGD di rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS maupun tidak.

"Misal dia lagi di jalan tiba-tiba pingsan terus ada rumah sakit di dekatnya, langsung saja ke situ. Kalau nggak kerjasama, asal dia menunjukkan kartu JKN-KIS itu dia tetep bisa dilayani," lanjut Arief.

Sedangkan untuk jumlah puskesmas, Arief mengaku belum memiliki data spesifik mengenai jumlah puskesmas yang akan tetap buka selama libur lebaran. Namun, jika puskesmas di jalur mudik tetap buka sudah dipastikan akan melayani pasien.

"Kalau puskesmas tentunya kita akan melihat temen-temen sedang kordinasi melihat puskesmas yang buka selama mudik," tuturnya.

"Tapi kalau puskesmas mayoritas (buka), apalagi di sepanjang jalur mudik mereka sudah dipersiapkan oleh Kemenkes," imbuhnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel