JK: Saya Pegang Rekor Pilpres, 2 Kali Menang 1 Kalah

Foto: Rina Atriana/detikcom

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)kembali membahas soal rekornya mengikuti Pilpres. JK menyebut dia merupakan satu-satunya tokoh yang mengikuti 3 kali Pilpres dengan 2 kali menang dan 1 kali kalah.

Pernyataan tersebut disampaikan JK saat memberi kuliah umum kepada Peserta PPRA LVII dan PPRA LVIII Tahun 2018 Lemhanas RI di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (25/6/2018).

"Saya ini pegang rekor. Satu-satunya orang yang ikut 3 kali pilpres. 2 kali menang 1 kali kalah," ujar JK yang saat ini berusia 76 tahun.

JK berkelakar justru saat dia menjadi ketua umum partai dia malah tak menang di Pilpres. Sebaliknya, saat tak lagi aktif di pertai justru menang.

"Justru ketika saya ketua partai saya kalah. Waktu saya tidak punya partai malah menang," tutur JK.

Sebelumnya JK menjelaskan mengenai sistem demokrasi di Indonesia. JK menyebut sejak Pemilu pertama kali diadakan, tak pernah ada konflik besar yang membuat Pemilu berjalan tak lancar.

"Inti dari demokrasi adalah Pemilu. Pemilu pertama walaupun diikuti 25 partai dan juga perseorangan berjalan sangat aman. Pemilu untuk memilih DPR dan konstituante," tutur JK.

"Demokrasi adalah cara mencapai tujuan. Tujuannya adalah kemajuan untuk rakyat yang adil sistemnya demokrasi, suara rakyat," lanjutnya.

Peserta PPRA LVII dan PPRA LVIII berasal dari berbagai unsur mulai dari TNI, Polri, perwakilan kementerian, hingga perwakilan masyarakat. Turut hadir dalam kuliah umum Gubernur Lemhanas Agus Widjojo. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel