Ketua Umum PSI Sarankan Amien Rais Bertemu Presiden Jokowi di Istana


Politikus senior PAN Amien Rais menolak bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana. Amien meminta Jokowi yang mendatangi rumahnya di Yogyakarta untuk berbicara empat mata tentang permasalahan bangsa.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie menyarankan agar Amien Rais bertemu Jokowi di Istana. Menurutnya bertemu di Istana jauh lebih mudah untuk urusan protokoler dibanding bertemu di tempat lain.

"Karena Pak Jokowi adalah kepala negara tentu ada protokoler yang harus dipatuhi terkait keamanan dan sebagainya. Ada baiknya mengikuti protokoler yang berlaku sesuai dengan untuk seorang kepala negara," jelas Grace di Kantor DPP PSI, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018).

Dia mengatakan tak ada salahnya bertemu di Istana karena Istana adalah rumah rakyat. Banyak juga tokoh yang berkunjung ke Istana dan tidak mengurangi nilai ketokohan mereka. Jika pertemuan digelar di luar Istana justru menjadi lebih rumit karena berurusan dengan protokoler dan pengamanan.

"Kalau di luar, kalau Pak Jokowi keluar kan justru protokolernya malah lebih repot lagi. Bukan hanya untuk tuan rumah atau penerima ya tapi juga sekitarnya pasti akan turut perlu disterilkan dan sebagainya dan justru malah lebih merepotkan," ujar Grace.

"Banyak tokoh juga ke Istana. Pak Prabowo ke situ, Pak SBY juga dan banyak tokoh yang ke sana. Ini kan rumah untuk semua orang. Jadi ini sesuatu opportunity yang baik untuk mereka bertemu. Jangan sampai karena hanya tempat enggak ada kesepakatan maka jadi gagal bertemu," imbuh dia.

Grace mengatakan jika pertemuan Amien Rais dan Jokowi terwujud akan berdampak bagus. Diharapkan ada hal-hal positif yang dihasilkan dan memberi kontribusi positif pada bangsa Indonesia. Apalagi Amien Rais adalah tokoh reformasi.

"Orang yang kita tuakan dan pesan-pesan Beliau sebagai tokoh bangsa tentu dinantikan semua orang," ujar dia.

Ia menambahkan peran Amien cukup penting dalam menjaga suasana tetap kondusif menjelang Pemilu. Amien diharapkan bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat bagaimana mendukung jalannya demokrasi yang adil.

"Pak Amien bisa menjadi seorang tokoh yang justru memberikan pencerahan dan mendukung demokrasi dan proses demokrasi yang adil, yang mengedepankan substansi. Jangan ikut dalam arus orang-orang yang mungkin menghalalkan segara cara untuk memperoleh kekuasaan. Kita harapkan Beliau mengambil posisi itu," kata Grace. [liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel