Polri Pastikan tak Mengintervensi Penerbitan SP3 Kasus Rizieq


Wakapolri Komjen Syafruddin memastikan tidak ada intervensi dalam pemberian surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus pornografi yang menyeret pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Pemberian SP3 sudah melalui prosedur dan penyelidikan.

"Semua proses hukum di Indonesia ada di penyidik. Apa pun yang dilakukan penyidik adalah kewenangan mereka," kata Syarifuddin di kawasan Tirtayasa, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Juni 2018.

Syafruddin belum berkoordinasi dengan penyidik soal pemberian SP3. Ia percaya penyidik sangat tahu apa yang dilakukan.

"Saya yakin penyidik punya alasan dan pandangan kuat sesuai hukum," ucap dia.

Jenderal bintang tiga itu meyakini seluruh penyidik baik di Polri, Kejaksaan, maupun KPK independen. Tidak ada putusan yang dibuat-buat.

"Tidak ada pretensi apa-apa. Kepercayaan kita pada penyidik dalam kondisi kekinian sudah sangat profesional dan proporsional," tegas dia.

Rizieq Shihab sudah menerima salinan asli SP3, Jumat, 15 Juni 2018.  Rizieq yang masih berada di Arab Saudi memperlihatkannya melalui tayangan video.

Video tersebut diunggah melalui akun YouTube Front TV. Dalam video dengan durasi hampir 9 menit itu, Rizieq bersama istri dan anaknya memberitahu surat sudah diterima dari pengacaranya, Sugito Atmo Pawiro.

"Pada hari Idulfitri ini, kami ingin menyampaikan satu kabar baik bagi kita semua. Alhamdullilahi rabbilalamin, hari ini kami mendapat kiriman surat asli SP3 kasus chat fitnah," kata Rizieq.

Rizieq mengapresiasi semua pihak. Dia juga turut mengucapkan Selamat Idulfitri.  Sugito Atmo Pawiro, yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, SP3 kasus itu sudah lama dilakukan pihak kepolisian. Namun, salinan aslinya baru diterima pada Rabu, 13 Juni 2018.

"Saya dengar itu (SP3) sudah lama. Tapi yang jelas kami terima Rabu pagi," kata Sugito saat dikonfirmasi, Jumat, 15 Juni 2018.

Sebelumnya, polisi menetapkan Rizieq dan Firza Husein sebagai tersangka terkait chat mesum yang beredar melalui situs baladacintarizieq.com.

Rizieq melarikan diri ke Arab Saudi dan menetap di sana hingga hari ini. Nama Rizieq sempat masuk dalam daftar pencarian orang.
[metrotvnews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel