Belum Tetapkan Cawapres Prabowo, Gerindra Tunggu Kubu Jokowi

Foto: Antara

Politikus Gerindra Desmond J Mahesa menyampaikan, pihaknya sudah mengantongi lima nama yang akan dipertimbangkan sebagai Cawapres. Namun begitu, Gerindra tidak mau cepat-cepat mengumumkan siapa yang akan mendampingi Ketua Umumnya Prabowo Subianto tersebut.

Desmond hanya menyebutkan dua dari lima sosok yang dimaksud, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Dan Gerindra masih menunggu kubu Joko Widodo (Jokowi) menentukan pendampingnya. Pasalanya, Cawapres Prabowo akan menyesuaikan dengan pasangan Jokowi.

"Musuh (kubu Jokowi) pasang ini, kami pasang ini. Kan begitu caranya," kata Desmond saat berkunjung ke Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Alasan lain kenapa Gerindra tidak mau cepat-cepat menentukan Cawapresnya, karena masih menunggu perkembangan wacana poros ketiga. Menurut Desmond, apabila benar lahir poros ketiga, maka akan mempengaruhi pilihan Cawapres Prabowo.

"Makanya itu semua hari ini tergantung ada enggak poros ketiga, atau head to head Prabowo melawan Jokowi. Ini kan yang kita tunggu semua, kayak main catur," pungkasnya.

Sekedar informasi, pendaftaran peserta pasangan Capres-cawapres resmi dibuka pada 4-10 Agustus 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hingga kini masing-masing kubu baik Jokowi maupun Prabowo masih belum mengumumkan pasangannya.

Diketahui, Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengklaim hasil pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, yang membahas cawaspres pendamping Jokowi, bakal diterima seluruh parpol pengusung Jokowi dalam pilpres 2019.

Dilanjutakan Hasto, dalam petemuan tersebut juga, Jokowi telah membeberkan sejumlah nama calon wakil presiden yang sudah dikantonginya kepada Megawati.

"Nama sudah dikantongi Pak Jokowi, dan tadi malam juga sudah disampaikan kepada ibu Megawati. Pada intinya, ketika saya menanyakan kepada ibu Megawati apa yang harus disampaikan ke publik, Ibu Mega mengatakan dan juga bersama dengan Pak Jokowi, bahwa nama-nama wakil presiden sudah ada di kantong Pak Jokowi," ucapnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel