Dalam 10 Hari, Rp 7,1 T Dana Asing Masuk RI

Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim

Bank Indonesia (BI) menyebutkan kepercayaan investor terhadap pasar keuangan di Indonesia terus membaik. Hal ini tercermin dari aliran modal asing yang masuk terus meningkat.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan sejak 2 Juli 2018 hingga 12 Juli 2018 aliran masuk melalui surat berharga negara (SBN) mencapai Rp 7,1 triliun.

"Beberapa data yang bisa saya sampaikan dalam konteks ini terkait pasar valuta asing maupun pasar keuangan. Kalau kita lihat inflow ke SBN dari 2 Juli - 12 Juli itu jumlahnya Rp 7,1 triliun," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Dia menjelaskan, aliran dana ke SBN itu masuk untuk waktu jangka panjang di atas 10 tahun. Menurut Perry ini menunjukan bahwa confidence pasar, confidence investor asing untuk berinvestasi di pasar Indonesia di pasar SBN itu cukup kuat.

"Koordinasi kami dengan Kementerian Keuangan itu sangat erat untuk memperkuat confidence investor terhadap pasar SBN kita," imbuh dia.

Perry mengungkapkan supply dolar AS dari korporasi rata-rata per hari berkisar US$ 500 - US$ 600 juta. Perry menyampaikan terima kasih kepada korporasi dan eksportir yang menyuplai dolar di pasar valas untuk memperbaiki stabilitas nilai tukar rupiah.

Dia mengungkapkan untuk dunia usaha jangan khawatir akan kebutuhan dan pasokan dolar. Kebutuhan-kebutuhan tersebut bisa terpenuhi.

"Untuk dolar tidak semuanya (dolar) dipenuhi dari pasar swap, tapi juga bisa lewat swap rate yang dilakukan di Bank Indonesia," jelas dia.

Perry menjelaskan untuk swap rate satu bulan kurang lebih 6,2%, untuk tiga bulan kurang lebih 7,3%. Dia mengungkapkan korporasi bisa menghubungi bank untuk melakukan swap kepada BI.

"Ini saya sampaikan kepada korporasi dan perbankan untuk memfasilitasi ini, kami juga memastikan kebutuhan dolar spot maupun swap bisa terjaga," jelas dia.  [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel