Dukungan Para Kades untuk Jokowi: 'STMJ' dan 'Lanjutkan'

Foto: Usman Hadi/detikcom

Seruan 'STMJ' dan 'Lanjutkan' mengemuka di acara peningkatan kapasitas pemerintahan desa yang dihadiri Presiden Jokowi di Jogja Expo Center (JEC) Bantul. Si penyeru mendapat hadiah sepeda dari Presiden.

Awalnya Jokowi menanyakan terkait kendala penyusunan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) kepada ribuan kades yang hadir di acara tersebut. Di hadapan Jokowi, para kades kompak menjawab bahwa penyusunan SPJ sangat sulit.

"Coba satu orang maju yang merasa sulit tadi. Tunjuk jari dulu, maju yang merasa sulit. Ya silakan maju. maju," kata Jokowi, Rabu (25/7/2018).

Seorang kades asal Temanggung, Yamsudi, maju ke atas panggung. Setelah beberapa saat berbincang soal SPJ, Yamsudi diminta oleh Jokowi membaca Pancasila. Yamsudi pun dengan lancar melafalkan Pancasila.

Tanpa disangka-sangka seusai membacakan Pancasila Yamsudi berteriak ke arah hadirin.

"Hidup Pak Jokowi," teriak Yamsudi.

"Hidup," sahut para kades.

"Hidup Pak Jokowi," teriak Yamsudi mengulang.

"Hidup," balas hadirin.

"Lanjutkan!" ucap Yamsudi disambut tawa ribuan kades.

Jokowi tampak tersenyum mendengar teriakan Yamsudi. Presiden Jokowi pun meresponnya.

"Jenenge kampanye niki wau (Namanya kampanye ini tadi)," ujar Jokowi disambut tawa hadirin.

"Nggih mpun (ya sudah)," lanjut Jokowi.

"Sepeda, Pak," pinta Yamsudi kembali diiringi tawa peserta.

"Kalau sudah maju (ke atas panggung selalu) minta sepeda. Sudah, ambil, ambil," jawab Jokowi.

Momen serupa terjadi saat kades asal Kabupaten Klaten, Hari Wibowo, mendapat giliran maju ke atas panggung. Seusai berbicara SPJ dana desa dengan Jokowi, tiba-tiba Hari menceletuk soal STMJ.

"STMJ, Pak," kata Hari disambut tawa ribuan hadirin.

Istilah STMJ sendiri pertama kali dikumandangkan Mendagri Tjahjo Kumolo saat menyampaikan sambutan di acara ini. Menurut Tjahjo ada dua versi dari STMJ. Pertama Susu Telur Madu Jahe, kedua Saya Tetap Milih Jokowi.

"Di Yogya ini banyak kulinernya. Ada yang paling hebat, harus dicoba. STMJ, Susu Telur Madu Jahe, itu harus diminum tiap hari supaya sehat," ungkap Tjahjo.

"Kalau saya Pak Presiden, dua kali STMJ-nya. Selain minum Susu Telur Madu Jahe, karena saya adalah anak buah bapak presiden Saya Tetap Milih Jokowi," tutupnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel