Hanya Indonesia Miliki LRT yang Lintasi Sungai di Dunia


Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dalam Asian Games 2018. Jakarta dan Palembang pun ditunjuk menjadi kota untuk ajang olahraga tingkat internasional itu berlangsung dari 18 Agustus-2 September 2018.

Menurut Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdien, kondisi ini membuat Sumatera Selatan, khususnya Palembang mendapat perhatian dunia dan pemerintah pusat.

Perhatian dunia kepada Palembang didapat dari promo gratis lewat logo-logo Asian Games di seluruh negara-negara Asia yang terlibat dalam event tersebut. Sementara dari sisi pemerintah, perhatian didapat lewat pembangunan inrastruktur secara besar-besaran di Palembang.

"Terharu saya, karena Asian Games, Palembang dapat begitu banyak rezeki. Dipromosikan ke seluruh dunia tanpa bayar dengan logo Asian Games (ada tulisan) Jakarta-Palembang. Kalau kita turun di 45 negara Asia ada logo. Masuk ke kota, bertebaran logo itu," katanya di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Sementara dari sisi perhatian pemerintah, membuat Sumatera Selatan memiliki beragam infrastruktur baru. Alex menyebutkan, Sumatera Selatan jadi memiliki empat ruas jalan tol, dua Jembatan Musi, flyover hingga underpass.

"Ada pembangunan rumah sakit, air bersih, tambahan listrik, serta Light Rail Transit (LRT)," katanya.

LRT sepanjang 23,4 km dibangun untuk akses dari bandara udara sampai ke Jakabaring melalui 13 stasiun. Di mana empat di antaranya terhubung juga dengan mal, juga tersambung dengan skybridge.

"Ini satu-satunya LRT dunia yang menyeberang sungai, Sungai Musi. Jadi, kalau naik LRT, itu saja sudah perjalanan wisata," katanya.

Dengan adanya transportasi dengan teknologi terbaru tersebut, menurut Alex, mengubah budaya masyarakat Sumatera Selatan untuk lebih disiplin dalam menjaga infrastruktur yang telah dibangun.

"Kami dipaksa disiplin, tidak egois jaga kebersihan. Dengan LRT jadi bukan hanya alat transportasi," ujar dia. [okezone.com/]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel