Hasil Dinner Koalisi, Cak Imin: Jokowi Pilih Cawapres 1 Minggu Ini

Foto: Detikcom

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengungkap kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan enam ketum parpol koalisi bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor beberapa hari lalu. Cak Imin mengatakan selama seminggu ini Jokowi akan mempertimbangkan nama-nama cawapres yang sudah dikantonginya.

"Kita semua sepakat, Pak Jokowi dalam satu minggu ini memikirkan, menganalisis, menghitung siapa yang paling tepat di antara nama-nama yang ada," kata Cak Imin di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018).

Karena itu, dia meminta publik menunggu soal nama cawapres yang akan berduet dengan Jokowi. Partai koalisi bersama Jokowi akan menggelar pertemuan lanjutan.

"Sehingga kita tunggu saja, nanti akan ada pertemuan koalisi pimpinan partai pendukung Pak Jokowi dalam diskusi bentukan yang menjadi pilihan Pak Presiden," ujar dia.

Pertemuan 6 ketum parpol pendukung Jokowi dilakukan pada Senin (23/7) malam. Sesuai dengan perkataan Cak Imin, waktu seminggu untuk Jokowi memikirkan cawapresnya akan jatuh pada Senin (30/7). Itu berarti nama cawapres bagi Jokowi sudah akan ada sebelum pendaftaran pasangan calon untuk Pilpres 2019 dimulai, yakni pada 3-10 Agustus 2018.

Sebelumnya diberitakan, Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) juga mengungkap enam poin kesepakatan dalam pertemuan yang digelar pada Senin (23/7) malam itu. Beberapa poin yang diungkap Rommy ialah koalisi akan menyepakati sosok nama cawapres yang akan mendampingi Jokowi. Koalisi pun menyerahkan kepada Jokowi memilih hari baik saat mendeklarasikan nama cawapres dan koalisi juga sepakat menolak politik SARA saat kampanye nanti.

Dari foto yang didapat detikcom, para ketua umum parpol yang hadir adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Ketua Umum NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Rommy). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel