Jokowi Segera Kumpul Lagi dengan Ketum Koalisi Bahas Cawapres


Presiden Joko Widodo segera mengadakan pertemuan kembali dengan ketum-ketum parpol koalisi pendukungnya. Pertemuan tersebut merupakan lanjutan dari agenda sebelumnya dengan bahasan yang masih sama, yakni soal cawapres yang akan dipilih Jokowi untuk Pilpres 2019.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sempat menyatakan Jokowi punya waktu satu minggu sejak pertemuan koalisi pada Senin (23/7) untuk memikirkan cawapres yang akan dipilihnya. Namun hingga satu pekan berlalu, Jokowi belum juga memberi tanda akan mengumumkan cawapresnya.

"Belum, tunggu koalisi kumpul kembali. Harusnya dalam minggu ini. Iya (Jokowi bertemu para ketum koalisi)," ujar Wasekjen PKB Daniel Johan saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (30/7/2018).

Wasekjen PKB lainnya, Jazilul Fawaid, juga membenarkan hal tersebut. Namun pertemuan itu, menurutnya, akan dilakukan setelah perwakilan partai koalisi membahas teknis menjelang pendaftaran pilpres 2019 pada 4-10 Agustus mendatang.

"Memang janjinya para ketum ketemuan lagi. Mungkin setelah dengan para sekjen. Apalagi empat hari lagi loket pendaftaran capres/cawapres dibuka," ungkap Jazilul saat dihubungi terpisah.

"Masih pematangan, saya dengar info para sekjen koalisi Jokowi segera kumpul-kumpul," imbuhnya.

Belum diketahui di mana pertemuan akan dilakukan. Namun pertemuan tersebut akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Seskab Pramono Anung juga disebut akan ikut dalam pertemuan itu.

"Kalau nggak malam ini, ya besok. Agendanya kumpul-kumpul saja biar lebih mengkristal. Mungkin dengan Pak Pramono Anung, dengan para sekjen, biasanya soal-soal yang teknis," jelas Jazilul.

Seperti diketahui, Jokowi mengumpulkan para ketum koalisi pendukungnya di Istana Bogor pada Senin (23/7) malam. Selain Cak Imin, ada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum NasDem Surya Paloh, dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Cak Imin sebelumnya mengatakan, dalam satu minggu sejak dinner koalisi tersebut, Jokowi akan mempertimbangkan nama-nama cawapres yang sudah dikantonginya. Pertemuan itu juga sempat disebut telah mengerucutkan satu nama cawapres.

"Kita semua sepakat, Pak Jokowi dalam satu minggu ini memikirkan, menganalisis, menghitung siapa yang paling tepat di antara nama-nama yang ada," kata Cak Imin setelah menghadiri acara International Toys and Kids Expo di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/7). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel