KBRI Malaysia Imbau TKI Ilegal Pulang Sebelum Dirazia

TKI ilegal di Malaysia. (Foto: ASWADDY HAMID/ANTARA).

Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur, Malaysia, mengimbau para tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal agar pulang ke Indonesia untuk menghindari razia.

"KBRI mengimbau kepada Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) WNI di Malaysia agar mempertimbangkan untuk segera mendaftar Program 3+1, untuk kembali ke Indonesia guna menghindari penangkapan pada razia besar-besaran melalui Operasi Mega 3.0," demikian imbauan tersebut disampaikan, dikutip dari Twitter KBRI Kuala Lumpur, Sabtu 7 Juli 2018.

Program 3+1 adalah Program Penghantaran Pulang Sukarela. Dengan program ini, WNI dapat kembali ke Indonesia melalui jalan yang legal, nyaman dan aman.

"KBRI juga mengimbau agar WNI menghindari calo dalam pengurusannya," imbuh pernyataan tersebut.

Sementara itu, pihak Jabatan Imigresen Malaysia (JIM) sudah melakukan Operasi Mega 3.0 terhitung mulai 1 Juli 2018. Tak hanya imbauan untuk kembali ke Tanah Air, pihak KBRI juga meminta WNI tidak tergiur penawaran kartu MyKas yang beredar di sejumlah sosial media.

Menurut pihak KBRI Kuala Lumpur, kartu MyKas itu khusus diperuntukkan bagi orang-orang tanpa kewarganegaraan dan tidak dapat diberikan kepada PATI.

Pihak KBRI menyampaikan, guna mendukung upaya pemantauan dan perlindungan TKI, para WNI di Malaysia dapat menghubungi hotline KBRI di nomor +603-2116-4016 atau +603-2116-4017, info@kbrikualalumpur.org, Facebook di @IndonesianEmbassyKL dan Twitter @kbrikualalumpur. [metrotvnews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel