Ketika Anggota DPR Tak Tahu Wakil Menteri Keuangan

Foto: Hendra Kusuma - detikFinance

Ada yang menarik dalam rapat yang digelar oleh Badan Anggaran (Banggar) DPR RI hari ini. Banggar DPR RI menggelar Rapat Panja untuk membahas asumsi dasar kebijakan fiskal, pendapatan, defisit dan pembiayaan tahun 2019 pagi ini.

Dalam agenda yang dihadiri perwakilan Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Bappenas ini, salah seorang anggota Banggar DPR RI, Bambang Haryo salah menyangka Wakil Menteri Keuangan adalah Suahasil Nazara.

Awalnya, Bambang yang merupakan kader Partai Gerindra tersebut mengomentari berbagai hal terhadap kondisi fiskal negara. Selain itu, dia juga menyinggung persoalan lain, seperti tarif tol yang dinilainya terlalu mahal.

"Sekarang harga tarif tol gila-gilaan, sangat tinggi sehingga masyarakat tidak bisa gunakan. Tarif tol naik 50-100%, padahal pelayanan tol masih buruk," katanya saat memberi pernyataan dalam rapat, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Beberapa kali, Bambang juga mengkritisi hal-hal di luar konteks pembahasan utama rapat, yakni asumsi dasar kebijakan fiskal, pendapatan, defisit dan pembiayaan tahun 2019.

Beberapa kali pula dia memberi pernyataan tersebut kepada Wakil Menteri Keuangan. Hingga kemudian di akhir pernyataannya Bambang juga sempat memberi ucapan terimakasih kepada Wakil Menteri Keuangan. Padahal, rapat itu tidak dihadiri Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Dia mengira Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara Ialah Wakil Menteri Keuangan.

"Terimakasih Pak Wakil Menteri Keuangan, yang nanti bisa menjadi Menteri," kata Bambang menutup pernyataan.

Kemudian Anggota Banggar DPR RI lainnya pun akhirnya memberi tahu kepada Bambang bahwa Suahasil bukanlah Wakil Menteri Keuangan, melainkan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan.

"Mohon maaf Pak Bambang, tapi perlu diketahui bahwa Pak Suahasil ini bukan Wakil Menteri Keuangan, tapi Kepala Badan Kebijakan Fiskal," tuturnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel