Survei Median: Cak Imin Cawapres Paling Potensial untuk Jokowi

Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom

Media Survei Nasional (Median) merilis survei 'Peta Kompetisi Jelang Pilpres 2019'. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dianggap sebagai calon wakil presiden (cawapres) paling potensial bagi Joko Widodo (Jokowi).

"Ketika ditanya siapa cawapres paling potensial bagi Jokowi nomor satu Pak Muhaimin, jadi ini sejalan pada pertemuan sebelumnya mungkin masyarakat menganggap Cak Imin adalah tokoh yang mampu menjembatani Pak Jokowi dengan orang-orang Islam, khususnya politik Islam sehingga lebih banyak dipilih masyarakat," kata Direktur Riset Median, Sudarto, di Restoran Bumbu Desa, Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat, Senin (23/7/2018).

Di urutan kedua ada Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Perolehan AHY hanya berselisih 0,2 persen dari Cak Imin.

"Nomor dua cawapresnya itu ada AHY yang mendapat perolehan suara 42,4 persen," ucapnya.

Sedangkan, cawapres untuk Prabowo Subianto, responden lebih banyak memilih Anies Baswedan. Di posisi kedua ada Gatot Nurmantyo yang mendapat 34,1 persen.

"Untuk Pak Prabowo itu nomor satu ada Anies Baswedan dengan 35,0 persen dan kedua ada Pak Gatot juga dengan nilai 34,1 persen," jelas dia.

Survei ini dilakukan pada 6-15 Juli 2018 dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang yang merupakan warga yang memiliki hak pilih dengan margin of eror sekitar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel survei dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Quality control dilakukan terhadap 20% sampel yang ada.

Berikut hasil survei Median terkait cawapres:

5 cawapres potensial untuk Jokowi:

1. Muhaimin Iskandar: 43,1 persen
2. Agus Harimurti: 43,0 persen
3. Hari Tanoesudibjo: 42,7 persen
4. Wiranto: 39,6 persen
5. Puan Maharani: 39,2 persen

5 cawares potensial bagi Prabowo Subianto:

1. Anies Baswedan: 35,0 persen
2. Gatot Nurmantyo: 34,1 persen
3. Muhaimin Iskandar: 33,6 persen
4. Agus Harimurti: 33,0 persen
5. Anis Matta: 32,9 persen. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel