Anies Tunggu Aba-aba Jokowi untuk Cari Pengganti Sandiaga

Foto: CN Indonesia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan masih menunggu aba-aba Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencari pengganti Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Anies mengatakan dirinya baru akan mencari Wakil Gubernur baru setelah Jokowi meneken surat pengunduran diri Sandi.

"Kita masih menunggu ketetapan Presiden. Karena yang mengangkat pak Sandiaga Salahudin Uno siapa? Presiden. Jadi kita tunggu sampai proses selesai, baru kita nanti ke fase berikutnya, penentuan nama Wakil Gubernur," ucap Anies saat ditemui di Gelanggang Olahraga Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (13/8).

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 mengatur kepala daerah atau wakil kepala daerah yang mengundurkan diri harus mengirim surat pengunduran diri ke DPRD. Selanjutnya DPRD bertugas mengumumkan pengunduran diri tersebut lewat rapat paripurna.

Mereka tak berhak menolak atau menerima, hanya mengumumkan.

Setelah itu DPRD mengusulkan pemberhentian ke presiden. Lalu sang kepala negaralah yang akan meneken surat pengunduran diri tersebut.

Masih Rahasiakan Pengganti Sandiaga

Saat ditanya mengenai calon pengganti Sandiaga nantinya, Anies masih belum mau menyebut nama. Ia hanya mengatakan nama-nama yang muncul akhir-akhir ini seperti Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wakil Ketua DPRD DKI Muhammad Taufik.

"Mereka semua orang-orang berpengalaman. Mereka semua orang-orang yang biasa bekerja sama, biasa berkarya. Insya Allah bisa. Ini bukan seperti remaja yang kenalan terus cocok-cocokan," tuturnya.

"Siapapun tidak masalah. There is no room for personal feeling, ini adalah professional delivery," imbuh mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Sebelumnya, Sandi menanggalkan jabatan Wakil Gubernur DKI untuk mendampingi bakal calon presiden Prabowo Subianto sebagai peserta Pilpres 2019. Hingga kini nama pengganti Sandi belum kunjung ditetapkan oleh partai pengusung Anies-Sandiaga saat Pilkada DKI 2017 yakni Gerindra, PKS, dan PAN. [cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel