Bendera merah putih raksasa berkibar di perbatasan RI-Timor Leste

Foto: Merdeka.com

Bendera merah putih ukuran raksasa sepanjang ribuan meter dikibarkan masyarakat, Polri dan TNI di wilayah perbatasan RI-Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), Kamis (16/8).

Pengibaran bendera merah putih ukuran raksasa ini, dikibarkan pada sebuah bukit di Motain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Prosesi pengibaran bendera raksasa ini diawali dengan pemancangan ratusan tiang dan bendera, di garis perbatasan. Ratusan peserta pun mengikatkan kain merah putih pada kepala masing-masing.

Usai bendera merah putih raksasa dikibarkan, seluruh peserta pun menyanyikan lagu-lagu perjuangan, sambil mengayunkan bendera berukuran kecil di tangan mereka.

Bupati Kabupaten Belu, Willy Lay mengungkapkan kegembiraan dan apresiasinya, atas kegiatan bersama yang digelar untuk membentangkan bendera merah putih ukuran ribuan meter ini.

"Ini merupakan salah satu cara masyarakat di tapal batas RI-RDTL memperingati HUT RI ke 73. Ini semua karena ide kreatif Kapolres dan Dandim Belu," ujarnya.

Menurut Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, bendera raksasa ini dikerjakan di Jawa Barat. Pengibaran bersama instansi pemerintah ini, sangat erat kaitan dengan semangat nasionalisme dan kebangsaan masyarakat di wilayah perbatasan.

"Tujuannya agar masyarakat dan generasi muda di perbatasan tetap menjunjung nilai dan semangat nasionalisme, kebangsaan dan menanamkan jiwa-jiwa patriotisme kepada masyarakat," ungkap AKBP Christian.

Yasinta Manek, salah satu siswa dari SMPN Tasifeto Timur mengaku, dirinya dan sejumlah teman merasa bangga dengan kegiatan tersebut menjelang HUT RI ke 73.

"Kami bangga dan senang karena baru pertama kali ada kegiatan seperti ini. Semoga kedepan ada lagi kegiatan-kegiatan lain di wilayah batas," harap Yasinta. [merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel