Cerita Wiranto Terguncang Gempa 7 SR saat 'Dinner' di Lombok

Foto: CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto ikut merasakan langsung gempa berkekuatan 7 skala richter yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Wiranto tengah berada di Lombok dalam acara Indonesia-Australia Ministerial Council on Law and Security. Pada saat gempa terjadi, kata Wiranto dirinya dan rombongan delegasi tengah melakukan makan malam di lantai 12 sebuah hotel yang menjadi tempat penyelenggaraan acara tersebut.

"Kita sedang melakukan welcome dinner di salah satu hotel pada saat dinner kita terkena gempa yang cukup keras tadi," kata Wiranto lewat sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Minggu (5/8).

Wiranto menuturkan para rombongan dan delegasi pun segera dievakuasi melalui tangga darurat. Ia memastikan seluruh rombongan dan delegasi selamat dari gempa tersebut.

"Semua delegasi selamat, sudah kita evakuasi," ujarnya.

Wiranto lantas langsung memutuskan untuk menunda pertemuan multilateral bersama sembilan negara yang seharusnya dilaksanakan besok hari.

Ia menyebut besok seluruh delegasi akan segera pulang ke negaranya masing-masing.

"Saya putuskan untuk konferensi multilateral besok kita tunda sampai ada pemberitahuan dan para delegasi besok sudah akan kembali," tutur Wiranto.

Ia menyebut alasan penundaan tersebut dikarenakan kondisi hotel tempat diselenggarakannya acara sudah tidak memungkinkan untuk digunakan kembali.

"Tempat pertemuan tidak mungkin lagi digunakan karena ada kerusakan cukup fatal, ya," kata Wiranto

Selain itu, Wiranto mengatakan kondisi psikologis para peserta usai gempa terjadi juga tak lagi memungkinkan untuk melanjutkan pertemuan.

"Secara psikologis enggak mungkin dengan keadaan di sini untuk melanjutkan pertemuan besok," ujarnya. [cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel