Gerindra Tunggu Putusan Jokowi untuk Tentukan Pengganti Sandi

Foto: Antara

Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Syarif menyebut pihaknya belum memutuskan pengganti Sandiaga Uno di kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Gerindra masih menunggu surat pengunduran diri Sandi diteken Presiden Joko Widodo.

"Ini kan surat sedang dikirim ke Presiden. Keputusan Presiden turun, baru diproses. Arahan DPP untuk menunggu keppres, jangan buru-buru," kata Syarif di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (27/8).

Syarif menyebut setelah keppres turun, Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto sendiri yang akan memimpin pembahasan.

Namun ia memastikan pengganti Sandiaga sudah diketok DPRD DKI sebelum pembahasan APBD 2019 mulai.

"Kalau untuk APBD-P 2018, tidak. Kalau untuk penetapan APBD 2019 kan pertengahan Oktober, memang harus terisi," ucapnya.

Ditemui terpisah, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan tak ada tenggat waktu bagi partai pengusung mengajukan nama wagub baru.

"Mekanisme terserah partai pengusung. Tapi kalau sudah ada dua nama calon, saya langsung proses," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (27/8).

Sebelumnya, Sandi mengirim surat pengunduran diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta ke DPRD DKI Jakarta pada 9 Agustus 2018.

Namun baru hari ini surat itu disahkan setelah Sandi membacakannya di rapat paripurna DPRD DKI Jakarta.

Setelah ini, DPRD akan mengirim surat itu ke Presiden Jokowi lewat Kementerian Dalam Negeri. Lalu Jokowi akan menekennya.

Baru setelah itu partai pengusung, dalam hal ini PKS dan Gerindra, mengajukan dua nama ke DPRD. Lalu lewat voting di paripurna, DPRD akan mengesahkan pengganti Sandi. [cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel