Jokowi Puji DPR, Sukses Sahkan 16 RUU

Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Presiden Jokowi hadir memberikan pidato kenegaraannya dalam sidang tahunan MPR/ DPR/ DPD di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8).

Dalam pidatonya ada beberapa hal yang turut disampaikan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Salah satunya adalah pujian yang diberikan pada lembaga legislatif dalam menyelesaikan 16 RUU.

"DPR juga terus memantapkan konsolidasi kelembagaan melalui peningkatan kualitas pelaksanaan segenap tugas konstitusionalnya," kata Jokowi.
"Terhadap fungsi legislasi, DPR telah menyelesaikan 16 RUU pada Tahun Sidang 2017 hingga 2018," imbuhnya.

Bagi Jokowi, beberapa RUU yang berhasil dirampungkan DPR itu adalah jawaban untuk kepentingan masyarakat. Beberapa di antaranya merupakan jawaban langsung atas desakan masyarakat di bidang keamanan, hukum, hingga kesehatan.

"Tantangan pembangunan yang mendesak, yang dihadapi negeri kita, baik di bidang keamanan, hukum, ketenagakerjaan, sosial, dan kesehatan," jelasnya.

RUU penting yang berhasil disahkan DPR adalah tentang terorisme, yakni Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang Undang.

DPR juga telah menyelesaikan pembahasan tentang RUU Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, RUU Kepalangmerahan, dan RUU tentang Kekarantinaan Kesehatan. [kumparan.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel