Khotbah Jumat di Sunda Kelapa Soroti Penderitaan Rakyat

Foto: CNN Indonesia

Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam yang juga aktivis GNPF Muhammad Al Khaththath menjadi khatib dalam khotbah Salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta.

Salat yang diikuti oleh pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ini membahas soal tugas pemimpin dan penderitaan rakyat.

Al Khtahthath memulainya dengan mengutip sebuah surat dengan Alquran dengan menyertakan penafsirannya terhadap surat itu.

"Allah SWT dalam surat Annisa, memberikan penjelasan yang sejelas jelasnya, tentang tupoksi seorang ulil amri. Tugas dan pokok dan fungsi seorang penguasa, kepala negara, gubernur, bupati atau wali kota itu hanya dua saja," kata Al Khaththath.

Menurut dia tugas pokok seorang penguasa ada dua. Pertama adalah menyampaikan amanat kepada yang berhak. Dalam hal ini, kata Al Khaththath, penguasa wajib mengemban amanat penderitaan rakyat.

"Rakyat tidak boleh menderita. Apapun agamanya, sukunya, kebangsaannya rakyat tidak boleh menderita,. Wajib dijaga ketersediaan pangan, sandang, papan, tidak boleh ada rakyat yang lapar, tidak boleh ada rakyat yang telanjang, gelandangan..."

"Satu saja rakyat lapar, gelandangan, telanjang, di akhirat akan dihisab Allah SWT apa pekerjaanmu sebagai penguasa?" kata Al Khaththath.

Al Khaththath melanjutkan tugas kedua seorang pemimpin menurut Alquran adalah menegakkan hukum yang adil.

Keadilan menurut dia harus dengan petunjuk Allah.

"Kalau tidak mengikuti petunjuk Allah SWT kita tidak tahu mana yang adil. Kalau ikuti sesama manusia pasti manusia punya vested interest masing-masing," imbuh dia.

Masjid Sunda Kelapa, Menteng, menjadi lokasi bagi kubu Prabowo-Sandiaga untuk melaksanakan Salat Jumat sebelum menuju KPU untuk menyerahkan berkas persyaratan capres-cawapres.

Salat Jumat itu turut diikuti oleh Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama, politikus PKS Hidayat Nur Wahid, dan Ketua Garda 212 Ansufri Idrus Sambo.

Tampak pula dua calon gubernur yang diusung Gerindra di Pilgub Jabar dan Jateng 2018 yakni Mayjen TNI (Purn) Sudrajat dan Sudirman Said. Selain mereka, tampak Adhyaksa Dault dan petinggi Gerindra, PKS, dan PAN.

Selepas salat Jumat, Prabowo dan Sandiaga akan mendaftar ke KPU yang berada di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. [cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel