Koalisi Jokowi Dinner di Bogor, Koalisi Prabowo di Rumah Maher


Menjelang pendaftaran capres 2019 tanggal 4 Agustus, Joko Widodo (Jokowi) dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto kian menggencarkan agenda-agenda politik. Kedua kubu masing-masing menggelar pertemuan di hari yang sama.

Untuk koalisi Jokowi misalnya. Sembilan sekretaris jenderal parpol koalisi bertemu Jokowi di Kafe Grand Garden kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/7/2018) malam. Para sekjen dan Jokowi berpakaian santai membahas berbagai hal terkait Pilpres diselingi makan malam bersama.

Sembilan sekjen yang hadir antara lain Hasto Kristiyanto (PDIP), Abdul Kadir Karding (PKB), Frederich Lodewijk Paulus (Golkar), Arsul Sani (PPP), Johnny G Plate (NasDem), Herry Lontung Siregar (Hanura), Raja Juli Antoni (PSI), Ahmad Rofiq (Perindo), dan Verry Surya Hendrawan (PKPI). Hadir juga dalam pertemuan yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Mensesneg Pratikno.

Seusai pertemuan, Hasto menyampaikan bahwa Jokowi memberikan arahan pembentukan Nawacita kedua. Dia menambahkan, pertemuan itu membahas empat poin. Arahan Jokowi ada di poin keempat, tapi masih dirahasiakan.

"Kami membahas bagaimana langkah-langkah strategis menyangkut penjabaran nawacita kedua. Sudah ada tim disusun sehingga terjadi sinergi dalam hal visi-misi," ujar ujar Hasto.

Sebelum-sebelumnya, Jokowi sudah bertemu sembilan ketum parpol koalisi di Istana Bogor. Pertemuan dibagi menjadi dua sesi.

Bagaimana dengan Prabowo?

Prabowo juga sudah tancap gas dengan bertemu Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga elite PAN dan PKS. Di hari yang sama saat Jokowi bertemu sekjen koalisi, Prabowo bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri, dan Presiden PKS Sohibul Iman di rumah Maher Algadri, Jakarta Selatan.

Sebelum kumpul di rumah Maher, Prabowo menyambangi kediaman aktivis #2019GantiPresiden Neno Warisman di Depok dan bertemu Sekjen PD Hinca Pandjaitan di Jl Kertanegara. Pertemuan dilakukan secara maraton.

Seusai pertemuan di rumah Maher, Prabowo menyatakan sikap Gerindra-PAN-PKS-PD di Pilpres. Keempat parpol segera berkumpul membahas koalisi.

"Jadi untuk selanjutnya kita akan bertemu 4 pihak. Kita putuskan malam hari ini para sekjen dari tiga partai kami akan meminta waktu bertemu dengan sekjen Partai Demokrat sehingga nanti akan ada pembahasan di level sekjen mematangkan dalam beberapa hari ke depan," ujar Prabowo.

Pembahasan di tingkat sekjen, menurut Prabowo, akan ditindaklanjuti dalam pertemuan 4 ketum parpol. Pembahasan, menurut dia, akan mengerucut pada penentuan cawapres. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel