Koalisi Jokowi Minta Masukan FPI dan Ormas Susun Visi-Misi

Foto: CNN Indonesia

Koalisi partai pendukung Joko Widodo (Jokowi) akan meminta masukan berbagai pihak dalam menyusun visi misi serta konsep Nawacita jilid II. Masukan akan diminta dari sejumlah organisasi masyarakat (ormas) termasuk Front Pembela Islam.

Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengatakan hal itu telah disepakati dalam pertemuan sembilan sekretaris jenderal partai politik koalisi pendukung Jokowi.

"Ormas keagamaan itu misalnya di Islam ada MUI, selain NU dan Muhammadiyah kita juga akan bicara. Tadi sepakat juga misalnya kita mendengar dari teman-teman misalnya FPI dan sebagainya. Tadi ada usul seperti itu," kata Arsul, di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (6/8) malam.

Selain ormas Islam, ada pula ormas keagamaan lain yang akan diminta masukannya seperti KWI dan Walubi.

Jokowi dalam Pilpres 2019 memang akan mengusung visi dan misi yang disebut sebagai Nawacita Jilid II. Arsul mengatakan masukan dari ormas keagamaan itu akan ditampung Jokowi

"Nanti kami perbaiki, silakan dari kelompok masyarakat mana pun. Dari yang garis keras, garis lunak, garis setengah keras," ujarnya.

Lebih lanjut Arsul mengatakan koalisi juga akan bekerja untuk mendapat suara dari massa Islam, namun ia menolak jika hal itu disebut sebagai bentuk politik identitas yang negatif.

"Politik identitas itu kan jangan selalu diasosiasikan dengan jelek," kata dia.

Menurut Arsul politik identitas menjadi negatif jika digunakan untuk menyebarkan hoaks, ujian kebencian, atau fitnah.

"Tapi kalau PPP dan PKB memperjuangkan program pemberdayaan lembaga pendidikan keagamaan. itu, kan, politik identitas. Sah-sah saja karena memang konstituen kami kan representasi Islam," ujar Arsul.

Jokowi sampai saat ini masih belum memutuskan siapa tokoh yang akan dipilih sebagai calon wakil presiden.

Sejumlah nama yang muncul jadi kandidat antara lain Ketua PKB Muhaimin Iskandar, Ketua PPP Romahurmuziy, dan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi. [cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel