Ulil: Jokowi Belajar dari Pilgub Jawa Tengah

Foto: detikcom

Tokoh Islam liberal Ulil Abshar Abdalla mengungkapkan pilihan Joko Widodo mengandeng Ma'ruf Amin karena mempelajari hasil dari Pilkada Gubernur Jawa Tengah.

Pandangan tersebut dia cuitkan dalam laman resmi Twitternya.

"Jokowi belajar dari Pilkada Jateng. Ganjar menang didampingi Gus Yasin, seorang kiai dan putera kiai besar," cuitnya.

Dia mengungkapkan Jokowi ingin mengulang keberhasilan tersebut di tingkat nasional.

Sebelumnya, Jokowi akhirnya mengumumkan pendampingnya sebagai calon wakil presiden di pilpres 2019. Dia memilih Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin untuk mengisi posisi tersebut.

"Saya memutuskan dan telah mendapatkan pesetujuan dari Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden 2019-2024 adalah Prof. Dr. Ma'ruf Amin," kata Jokowi di Restoran Plataran, Jalan HOS Tjokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8).

Dalam pertemuan itu, jajaran ketua umum dan sekretaris jenderal (sekjen) partai politik pendukung Jokowi ikut berkumpul di Plataran sebelum pengumuman cawapres sore ini.

Ma'ruf Amin bukan kader parpol. Namun dia menduduki posisi sentral yaitu Rais Aam Nahdlatul Ulama, ormas Islam terbesar di Indonesia.

Pria 75 tahun asal Tangerang ini pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang hubungan Antar Agama. [cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel