Sandi Datangi Universitas, PPP: Kampus Steril dari Politik Partisan


PPP menilai kunjungan Cawapres Sandiaga Uno ke beberapa universitas untuk memanfaatkan waktu sebelum kampanye. Sekjen PPP Arsul Sani mengatakan seharusya kampus steril dari politik partisan.

"Barangkali pemahamannya adalah karena belum masa kampanye maka dimanfaatkan. Tetapi kan dari sisi aturan umumnya kampus itu kan harus steril dari kegiatan politik yang partisan," kata Arsul di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (1/9/2018).

Asrul mengatakan, jika agenda mendatangi kampus itu agenda politik, kubu yang berkompetisi harus sama-sama hadir. Itu pun untuk melakukan dialog atau diskusi.

"Bukan berarti tidak boleh ada kegiatan itu di kampus. Tapi kalau di kampus itu harus 2 pihak yang berkontestasi itu hadir dan itu sifatnya lebih kepada dialog, diskusi, perspektif keilmuannya lebih dikedepankan daripada politiknya," imbuhnya.

Dia menilai tindakan itu belum bisa disebut sebagai pelanggaran pemilu. Namun bisa jadi tindakan itu menyalahi aturan di luar aturan pemilu.

"Kalau dari sisi aturan, belum bisa ditarik kesimpulan melanggar atau tidak melanggar, itu kalaupun mau disorot pelanggaran atau tidak, bukan dari sisi aturan kepemiluan, tapi dari sisi aturan lain, misalnya tentang undang-undang pendidikan tinggi atau aturan internal Menristek Dikti," tuturnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel