Loading...

Naik Heli, Jokowi Tinjau Lokasi Karhutla di Riau


Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Merbau, Riau untuk mengecek kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Jokowi menaiki helikopter super puma.

Sebelum bertolak dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Jokowi mengecek persiapan hujan buatan yang dilakukan petugas. Pesawat milik TNI AU siap diterbangkan untuk menebar garam dengan harapan terciptanya hujan.

"Sekarang kita lakukan lagi menabur garam. Moga-moga, karena awannya ada, kita berdoa semoga jadi hujan, Insyaallah hari ini. Segala upaya sudah kita lakukan. Tapi memang juga lewat water bombing lewat 52 pesawat. Artinya segala upaya kita lakukan," ujar Jokowi, Selasa (17/9/2019).

Hujan buatan merupakan salah satu langkah penanggulangan karhutla. Namun demikian, Jokowi menekankan pentingnya upaya pencegahan.

"Tetapi memang yang paling benar pencegahan sebelum kejadian, ini api satu langsung padamkan. Tapi ini sudah, karena kita berhadapan dgn hutan yang luas, lahan gambut yang luas, kalau apinya sudah banyak memang tidak mudah," sebutnya.

Jokowi mengajak masyarakat untuk tidak membakar lahan. Tindakan tegas siap menanti bagi pelanggar.

"Oleh sebab itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak bakar lahan, baik hutan maupun gambut. Termasuk upaya hukum sudah kita lakukan, baik yang perorangan, baik yang korporasi semuanya sudah ada tindakan tegas ke sana," ujar Jokowi.

Setelahnya, Jokowi terbang dengan heli untuk mengecek lokasi karhutla di Merbau. Titik selanjutnya, Jokowi bertolak ke Kampar. [detik.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel